Hukum & Kriminal

Terjaring Operasi Yustisi, Warga Langsung Disidang dan Bayar Denda Rp 50 Ribu

Tuban (beritajatim.com) – Petugas gabungan dari jajaran Polres Tuban bersama dengan TNI, Satpol PP Kabupaten Tuban terus menggelar kegiatan Operasi Yustisi dalam rangka penindakan bagi warga masyarakat yang tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas keluar rumah, Jumat (2/10/2020).

Kegiatan operasi gabungan dengan langsung melakukan sidang di tempat bagi pelanggar yang tidak menggunakan masker itu berlangsung di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Dalam pelaksanaan razia, petugas juga mewajibkan kepada para pelanggar yang tidak memakai masker itu untuk cuci tangan sebelum menjalani sidang.

Pelaksanaan Operasi Yustisi untuk mendisiplinkan warga masyarakat tersebut dilakukan oleh petugas gabungan di depan kantor Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Petugas mencari para pengendara yang tidak menggunakan masker dan melintas di jalan raya penguhung antar kecamatan tersebut.

Petugas gabungan dari Polres Tuban, Satpol PP dan juga TNI langsung menghentikan bagi pengendara sepeda motor maupun penumpangnya yang terlihat tidak menggunakan masker. Tak hanya pengendara sepeda motor, para pengemudi mobil juga tak luput dari pemeriksaan dan mereka yang tidak pakai masker langsung ditindak.

“Hari ini kita melakukan kegiatan Operasi Yustisi dengan sasaran penindakan pelanggaran protokol kesehatan di wilayah Kecamatan Kerek,” terang AKP Chakim Amrullah, Kasat Sabhara Polres Tuban setelah pelaksanaan kegiatan razia dengan langsung sidang di tempat itu.

Sejumlah warga yang kedapatan tidak memakai masker saat melintas di jalan raya tersebut langsung diarahkan untuk masuk ke kantor Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban yang menjadi tempat sidang dari Operasi Yustisi itu. Sebelum masuk ke area tempat sidang, para warga yang terjaring razia itu diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan kemudian diberikan masker secara gratis oleh petugas.

“Mereka yang terjaring kemudian kita lakukan proses Tipiring (Tindak Pidana Ringan) dan kemudian langsung Sidang di tempat dengan denda sebesar Rp 50 ribu. Dari kegiatan Operasi Yustisi hari ini ada sebanyak 33 orang warga yang melanggar tidak memakai masker,” tambahnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Operasi Yustisi dengan langsung sidang di tempat itu sudah dilakukan oleh petugas gabungan itu dibeberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 dengan mendisiplinkan warga masyarakat supaya selalu pakai masker.

“Hasil evaluasi selama pelaksanaan Operasi Yustisi, dari hari ke hari tingkat kesadaran masyarakat di Tuban untuk menggunakan masker sudah semakin meningkat,” pungkasnya.[mut/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar