Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Terekam CCTV, Pelaku Pencuri Konter HP di Tuban Tertangkap

Pihak Polres Tuban saat melakukan pers rilis pengungkapan kasus pencurian di konter HP yang sempat terekam CCTV. [foto : M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Petugas kepolisian dari jajaran Polres Tuban berhasil mengungkap kasus pencurian uang tunai sekitar Rp 10 juta yang terjadi di sebuah konter HP yang ada di Desa Simorejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban yang sempat viral pekan lalu karena sempat terekam CCTV, Selasa (28/9/2021).

Pelaku pencurian uang di konter HP yang berhasil diringkus oleh pihak Polres Tuban diketahui bernama Ismail (29), warga Desa Tegalrejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Dari pengakuannya, uang hasil mencuri itu digunakan oleh pelaku untuk membayar hutangnya dan telah habis.

Data yang dihimpun beritajatim.com, pelaku pencurian di sebuah konter HP yang ada di Desa Simorejo, Kecamatan Widang, Tuban yang berhasil mengambil uang jutaan rupiah itu telah berhasil ditangkap pada tanggal 24 September 2021 lalu. Yang mana penangkapan dilakukan setelah petugas Polsek Widang dan Sat Reskrim Polres Tuban telah memeriksa sejumlah saksi serta rekaman CCTV.

“Kita berhasil mengungkap kasus pencurian ini berdasarkan rekaman CCTV yang ada di konter itu. Pada saat kita buka diketahui identas pelaku, dan pencurian ini terjadi pada siang hari,” terang AKBP Darman, Kapolres Tuban menjelaskan pengungkapan kasus pencurian itu.

Kapolres Tuban menjelaskan, dalam melakukan aksinya melakukan pencurian di konter HP itu, pelaku telah melakukan pengintaian terlebih dahulu di sekitar koter tersebut. Selanjutnya, ketika pada saat sepi waktunya salat Jumat, pelaku beraksi dengan masuk ke dalam konter tersebut yang dalam keadaan masuk buka.

“Pelaku sudah mengamati sekitar lokasi itu. Dia memanfaatkan kelengahan orang, pada waktu Jumatan itu kan sepi, akhirnya pelaku masuk,” tambahnya.

Dalam melakukan aksinya, pelaku Ismail itu membawa sepeda motor Mio yang ditaruh lumayan jauh dadi konter itu. Selanjutnya setelah berhasil mengambil uang sekitar Rp 10 juta itu pelaku membayar hutangnya di dengan total sebanyak Rp 2.250.000, sedangkan untuk uang sisanya telah habis digunakan untuk kebutuhan sehari-hari selama sekitar satu minggu.

“Untuk uangnya sebagian digunakan untuk membayar hutang, dan semua uangnya saat ditangkap sudah habis. Berdasarkan pengakuannya, pelaku baru sekali ini melakukan pencurian,” sambung Kapolres Tuban itu.

Sementara itu, pria yang telah mencuri di konter HP dan terekam CCTV itu berhasil ditangkap di rumahnya tanpa ada perlawanan dan saat ini sudah ditahan di Polres Tuban. Dari penangkapan itu petugas kepolisian mengamankan sejumlah barang bukti, seperti jaket, sepeda motor dan juga helm yang digunakan pelaku dalam melakukan pencurian itu.[mut/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar