Hukum & Kriminal

Terekam CCTV, Pelaku Memakai Helm dan Jaket Gasak 3 Buah HP Karyawan Warung di Mojokerto

Rekaman kamera CCTV saat pelaku (dalam lingkaran merah) beraksi. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Aksi pencurian di Mojokerto kembali terekam kamera Closed Circuit Television (CCTV). Kali ini, tiga buah Handphone (HP) milik karyawan sebuah warung makan di Jalan Benteng Pancasila (Benpas), Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, raib digondol pencuri.

Pencurian tersebut terjadi pada, Selasa (14/1/2020) sekira pukul 06.49 WIB. Dari rekaman CCTV terlihat, pelaku masuk warung masih menggunakan helm, memakai jaket warna hitam, celana jens warna biru serta membawa tas ransel. Sebelum beraksi, pelaku tampak mondar-mandir.

Pelaku diduga sebelumnya berpura-pura hendak membeli makan, namun saat melihat situasi warung sepi pembeli. Sementara karyawan sibuk beraktivitas di dalam, satu karyawan lainnya tidur karena kebagian jaga malam sehingga hal tersebut dimanfaatkan pelaku.

Pimpinan warung, Inge Supono mengatakan, satu karyawan sedang mencuci piring dan satu karyawan lainnya sedang istirahat. “Kebetulan ada dua karyawan saat kejadian, satu sedang nyuci piring di dalam dan satu sedang istirahat,” ungkapnya Rabu (15/01/2020).

Masih kata Inge, pelaku masuk mengambil tiga buah HP milik karyawan warung yang ada di etalase kasir. Tiga buah HP tersebut masing-masing dua buah HP milik Adi Utomo (24) dan satu buah HP milik Danu (19) warga Jombang. Kerugian ditafsir sekitar Rp6,5 juta.

“Ada 3 buah HP yang diambil, 2 buah HP merk Oppo dan 1 buah HP merk Asus. Tahunya pas saya nanya soal laporan foto kebersihan ke admin pusat, ternyata HP yang ada di etalase sudah tidak ada di tempatnya. Kemudian saya buru-buru buka rekaman CCTV,” jelasnya.

Dari hasil rekaman kamera CCTV tersebut diketahui, jika tiga buah HP yang ada di etalase warung tersebut diambil pelaku. Ia mengaku tidak tahu siapa pelaku, namun karyawannya mengenali wajah pelaku karena cukup familiar. Ini lantaran, pelaku beberapa kali ke warung untuk pesan makan.

“Dugaan kami, beberapa kali pelaku ke sini untuk mengamati dan menggambar lokasi sebelum akhirnya beraksi. Kita sudah melapor ke pihak kepolisian dan petugas sudah kesini untuk meminta keterangan. Semoga dengan rekaman CCTV ini, pelaku cepat diidentifikasi dan ditangkap,” pungkasnya.

Sebelumnya, aksi pencurian terekam kamera CCTV juga terjadi di Dusun Bangsri, Desa Kembangsri, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto pada, Sabtu (11/1/2020). Pelaku terekam CCTV saat melakukan aksi pencurian dan berhasil membawa kabur satu buah HP dan sebuah sepeda motor.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar