Hukum & Kriminal

Terekam CCTV, Diduga Satu Keluarga Curi Uang Kotak Amal Masjid

Malang (berijatim.com) – Sebuah rekaman CCTV menggebohkan jagat dunia maya. Dari rekaman tersebut, seorang pria dan wanita beserta anak kecil, tertangkap kamera pengawas sedang mencuri uang dalam Kotak Amal di Masjid Darul Khoirot Desa Banjarejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Diduga, pelaku pencurian ini satu keluarga. Mereka menguras uang dalam kotak amal di Masjid Darul Khoirot di Jalan Raya KH Hasyim Asyari, Desa Banjarejo, Kecamatan Pagelaran pada Kamis (19/11/2020) sekitar pukul 14.30 WIB.

“Ya, diduga pencurian itu dilakukan oleh satu keluarga berdasarkan hasil rekaman CCTV masjid tersebut,” terang Kapolsek Pagelaran, Iptu Sugik Hernawan saat dikonfirmasi, Jum’at (20/11/2020).

Iptu Sugik menegaskan, bahwa aksi pencurian itu merupakan kedua kalinya dalam sehari yang dilakukan oleh orang yang sama. “TKP yang pertama juga di masjid yang berlokasi di kawasan Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran sekitar pukul 11.00 WIB,” katanya.

Hingga saat ini, jajaran Polsek Pagelaran masih memburu pelaku tersebut. Sementara diketahui, jumlah uang yang berhasil digarong oleh pelaku di Masjid Darul Khoirot kurang lebih senilai Rp 3 juta. “Kalau di masjid Clumprit hanya sajadah dan mukena yang diambil. Di sana juga aksi pencuriannya juga terekam CCTV,” ujar Sugik.

Sementara itu, Remaja Masjid Darul Khoirot, Suhud Arifin menjelaskan berdasarkan hasil rekaman CCTV pelaku awalnya masuk masjid dari arah timur menggunakan sepeda motor Kharisma. “Setelah memarkir motornya, mereka bertiga beraksi mengambil kotak amal yang terletak di ruang masjid sisi utara lalu diangkat ke tengah,” katanya.

Dari situlah suami tampak mencukit kotak amal dan mengambil seluruh isinya, dimasukkan ke dalam tas. “Aksi tersebut dilakukan oleh pelaku sekitar 10 menit. Kebetulan saat itu masjid sedang sepi menjelang adzan Ashar,” katanya.

Setelah berhasil mengmabil seluruh isi kotak amal, mereka meninggalkan masjid ke arah barat. “Kalau lihat nomor polisi sepeda motor yang dikendarai pelaku tampak dari CCTV plat AG,” Suhud mengakhiri. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar