Hukum & Kriminal

Terbukti Lakukan Suap Pembahasan APBD, Sekda Pemkot Malang Dihukum 3 Tahun

Surabaya (beritajatim.com) – Sekda Kota Malang, Cipto Wiyono dihukum tiga tahun oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya, Selasa (13/8/2019). Terdakwa dinyatakan bersalah dalam kasus suap pembahasan APBD-P Pemkot Malang tahun 2015.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menilai bahwa Cipto Wiyono terbukti melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a UU Tipikor, sebagaimana dalam dakwaan pertama yang didakwakan JPU dari KPK.

“Majelis tidak melihat adanya alasan pembenar yang dapat membebaskan terdakwa Cipto Wiyono dari jeratan hukum. Oleh karena itu, terdakwa haruslah dinyatakan bersalah dijatuhi hukuman sesuai dengan perbuatannya,”ujar Ketua majelis hakim Hisbullah Idris dalam amar putusannya, Selasa (13/8/2019).

Majelis juga mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan bagi terdakwa yang dianggap tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. “Hal-hal yang meringankan, terdakwa merasa bersalah dan menyesali perbuatannya,” tambahnya.

Untuk itu majelis hakim menghukum terdakwa Cipto Wiyono dengan pidana penjara selama 3 tahun, Denda Rp 200 juta subsider 2 bulan kurungan.

Selain itu, Cipto Wiyono juga dihukum membayar uang pengganti sebesar Rp 550 juta, yang harus dibayar dalam waktu 1 bulan sejak putusan pengadilan memiliki kekuatan hukum tetap, dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti dengan pidana penjara selama 2 bulan. [uci/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar