Hukum & Kriminal

Terbaik Nasional, Polres Malang Raih Penghargaan Pelayanan Prima Menpan RB

Malang (beritajatim.com) – Polres Malang kembali diganjar penghargaan bergengsi tingkat nasional. Kali ini, Kepolisian Resor yang dikomandoi AKBP Yade Setiawan Ujung ini mendapatkan penghargaan pelayanan publik dengan kategori “Pelayanan Prima” yang langsung diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahyo Kumolo, Rabu (20/11/2019) di Jakarta.

Dari 207 jajaran Polres seluruh Indonesia, Polres Malang merupakan salah satu peraih nilai tertinggi diantara 6 Polres yang berhasil mendapatkan kategori “Pelayanan Prima”. Dengan kategori ini, Polres Malang memperoleh nilai tertinggi dari hasil evaluasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kementerian PAN RB RI.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa evaluasi pelayanan publik dilaksanakan kepada 207 Polrestro, Polrestabes, Polresta dan Polres dalam kurun waktu April hingga Oktober 2019.

Evaluasi ini selain turun langsung ke lapangan, juga dilaksanakan secara online melalalui aplikasi SIPP.menpan.go.id/webcontrol. Adapun instrumen index pelayanan publik meliputi aspek Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarpras, SIPP, Konsultasi dan Pengaduan. Serta, Inovasi.

Tujuan dari penilaian tersebut, diharapkan menjadi percontohan bagi Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dan Instansi Pemerintah lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat. “Terdapat 14 item komponen standar pelayanan yang dinilai,” kata Diah Natalisa.

Sementara itu, Menpan RB Tjahjo Kumolo menerangkan, tugas utama Kemenpan RB salah satunya adalah meningkatkan pelayanan publik pada pemerintahan. “Polisi adalah pelayan publik, sehingga Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan bagian dari pemerintahan yang harus meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Polri dengan Promoternya, telah mampu memberikan hasil yang cukup bagus dalam memberikan pelayanan publik. Ini perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan,” tegas Tjahjo.

Sesuai tuntutan zaman, lanjut Tjahjo, maka pelayanan itu harus cepat, adil dan siap menerima sorotan dari masyarakat yang dilayani. Dimana kunci keberhasilannya adalah, kepercayaan masyarakat dalam pelayanan publik. “Polri diharapkan bisa mewujudkan visi Presiden RI 2019-2024 untuk mewujudkan SDM yang unggul dan Upaya mempercepat reformasi birokrasi. Maka Polri harus Responsif dan cepat dalam pelayanan publik dengan berbagai inovasinya sehingga bisa terwujud dan berhasil,” pesan Tjahjo.

Penghargaan Yang Diraih Oleh Polres Malang Ini merupakan Ketiga kalinya. Sebelumnya, Polres Malang juga sukses mendapat penghargaan pada 2017 dan 2018 dengan nilai A- (Sangat Baik). Sementara untuk 2019, meningkat menjadi nilai A dengan Pelayanan Prima.

Menanggapi torehan prestasi itu, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh personel Polres Malang dalam memberikan pelayanan publik. Ujung berharap, penghargaan ini bisa menjadi reminder dan pemicu semangat seluruh anggota untuk mempertahankan dan semakin meningkatkan pelayanan khususnya kepada masyarakat Kabupaten Malang.

“Kami siap memberikan pelayan prima yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Malang. Penghargaan ini, wujud kerja keras seluruh personel Polres Malang,” kata Ujung mengakhiri. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar