Hukum & Kriminal

Tekan Kolusi dan Korupsi, PN Gresik Kedepankan Pelayanan Online

Gresik (beritajatim.com) – Guna menekan kolusi dan korupsi di lingkup Pengadilan Negeri (PN) Gresik. Institusi hukum setempat mengkedepankan pelayanan berbasis online.

Kepala Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Fransiskus Arkadeus Ruwe menuturkan dengan mengkedepankan sistem pelayanan online. Maka persepsi kolusi serta korupsi bisa dihindari.

“Tujuan adanya pelayanan serba online untuk menciptakan pengadilan yang nyaman. Baik itu pencari keadilan maupun di kalangan internal pengadilan itu sendiri,” tuturnya saat beraudendi dengan PWI Kabupaten Gresik, Rabu (11/03/2020).

Masih menurut Fransiskus, kedepan untuk meningkatkan pelayanan yang nyaman. Ada layanan khusus yang nantinya meminimalisir antrian bagi para pencari keadilan maupun saat sidang.

“Ruang layanan khusus ini dibuat supaya jangan malas ke pengadilan. Jadi nanti ada satu ruangan yang dibuat dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Baik itu komputer, internet dan lain-lain,” ujarnya.

Selain mengkedepankan pelayanan diatas lanjut dia, Pengadilan Negeri Gresik juga mengutamakan 3S. Yakni, senyum, salam, dan sapa. Sebab, dari hasil survei indeks kepuasan masyarakat, tiga S tersebut juga mempengaruhi pelayanan.

Disinggung masih banyaknya persidangan yang molor di PN Gresik. Dijelaskan Fransiskus Arkedeus Ruwe. Hal ini dikarenakan dinamika persidangan. Sebab, bisa jadi sidang A bias menjadi ke lain. Sehingga, waktuny menjadi molor.

“Terkait dengan itu kami akan mengevaluasi lagi. Pasalnya, sidang bisa digelar asal semua perangkatnya hadir lengkap,” tandasnya. (dny/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar