Hukum & Kriminal

Tak Pakai Masker, 32 Orang Terjaring Razia di Jombang

Seorang pelanggar protokol kesehatan di Jombang menjalani hukuman menyapu jalan, Jumat (13/11/2020)

Jombang (beritajatim.com) – Sebanyak 32 orang operasi yustisi yang digelar di Jl Wahidin Sudirohusodo Jombang, Jumat (13/11/2020). Puluhan orang tersebut melanggar protokol kesehatan (prokes) karena tidak memakai masker saat beraktivitas di luar.

Selanjutnya, para pelanggar prokes tersebut disanksi. Rinciannya, 8 pelanggar KTP-nya disita, 16 pelanggar hanya mendapat teguran, dan 8 orang lagi menjalani sanksi sosial. “Saknsi sosial ini berupa menyapu jalan dan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya,” ujar AKP Moch Mukid, yang memimpin razia.

Mukid menjelaskan, operasi yustisi tersebut melibatkan tim gabungan yang terdiri dari polisi, TNI, Satpol PP, serta Dinas Perhubungan. Operasi tersebut dalam rangka penerapan Inpres No. 6 tahun 2020 tentang Disiplin Protokol Kesehatan dan penerapan Perda Provinsi Jatim No 2 tahun 2020 serta perbup Jombang no 57 tahun 2020.

“Aturan tersebut tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan penekanan serta pengendalian Covid-19. Razia hari ini kita menjaring 32 pelanggar. Dari jumlah itu, ada beberapa pelajar,” kata Mukid yang juga Kasat Resnarkoba Polres Jombang ini.

Mukid berharap, dengan ada razia tersebut semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya mentaati protokol kesehatan. Karena dengan taat protokol kesehatan bisa memutus rantai penyebaran Covid-19. “Razia serupa akan terus kita gelar. Karena ini untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan data di laman Dinas Kesehatan Jombang, jumlah kumulatif positif Covid-19 per 13 November pukul 14.00 WIB sebanyak 1295 pasien. Dari jumlah itu, sebanyak 1085 pasien dinyatakan sembuh, kemudian 93 orang masih dirawat, dan 117 meninggal dunia. [suf]

Seorang pelanggar protokol kesehatan menjalani hukuman menyanyikan lagu Indonesia Raya di tepi jalan, Jumat (13/11/2020)




Apa Reaksi Anda?

Komentar