Hukum & Kriminal

Operasi Zebra Semeru 2020 Polresta Mojokerto

Tak Ada Target Tilang, Kasat Lantas Ingatkan Pesan Ibu 3M

Kasat Lantas Polresta Mojokerto, AKP Fitria Wulandari. [Foto: Misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Ada delapan pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi Zebra Semeru 2020, Kapolri instruksikan kepada jajarannya untuk tidak ada target tilang. Namun lebih mengutamakan edukasi, sosialisasi tertib berlalu lintas dan ingatkan pesan ibu 3M dalam gelaran operasi yang berlangsung dalam 14 hari.

Kasat Lantas Polresta Mojokerto, AKP Fitria Wijayanti mengatakan, Operasi Zebra Semeru 2020 lebih mengedepankan simpatik dan edukasi. “Tidak ada tilang dan target tilang. Operasi Zebra Semeru 2020 di masa Pandemi Covid-19 lebih berorientasi pada kegiatan simpatik,” ungkapnya, Senin (2/11/2020).

Yakni berupa pada penyuluhan, penerangan, membagikan masker, sembilan bahan pokok (sembako) dan kegiatan sosial lainnya. Sehingga Satlantas Polresta Mojokerto menyiapkan 300 masker, 300 sarapan gratis dan 100 rapid gratis. Ada delapan prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi aparat kepolisian.

“Operasi Zebra 2020 sendiri bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu-lintas di tengah Pandemi Covid-19. Sama sekali tidak ada penindakan dan memang tidak boleh. Kita tidak mengedepankan penegakan hukum. Penegakan hukum upaya terakhir, kita tekankan upaya preemtif dan preventif secara masif,” katanya.

Sehingga, lanjut Kasat, harapannya masyarakat bisa sadar akan pelanggarannya. Operasi yang berlangsung mulai tanggal. Simpatik dan edukasi sendiri, dilakukan petugas dengan cara mengimbau masyarakat agar tertib dan patuh berlalu lintas, kemudian memberikan sosialisasi untuk tetap patuh pada protokol kesehatan maupun memberikan masker kepada mereka yang tak mengenakan masker.

“Warga Kota Mojokerto kita laksanakan 3M. Selalu menggunakan masker ke mana pun kita pergi, mencuci tangan sebelum dan setelah kegiatan serta menjaga cara dan menjauhi kerumunan. Operasi Zebra Semeru 2020 sendiri dimulai 26 Oktober 2020 hingga 8 November 2020,” jelasnya. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar