Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Suku Cadang Kapal Wisata di Pantai Boom Banyuwangi Dicuri Maling

curi kapal

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sebuah kapal wisata Kapal Layar Motor (KLM) Liana yang sandar di Pelabuhan Boom Kelurahan Mandar, Kecamatan Banyuwangi, suku cadangnya dicuri maling.

Pelakunya tidak jauh dari lokasi kejadian pencurian itu. Karena Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polresta Banyuwangi, berhasil menangkapnya.

Dia adalah Kamsiadi alias Jon (40) seorang nelayan asal Kelurahan Mandar, Kecamatan Banyuwangi Kota. Ia ditangkap saat berada di rumah temannya di Kelurahan Kertosari, Kamis (3/3/2022).

“Pelaku berada di rumah temannya inisial MD. Dia yang dititipi barang hasil curian yang dilakukan oleh pelaku,” terang Kasat Polairud Polresta Banyuwangi Kompol Jeni Al Jauza, Senin (7/3/2022).

Berdasarkan penangkapan itu, Polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya 1 water cooler, 1 mesin pendingin dan 1 dinamo starter.

“KLM Liana merupakan Kapal Pinisi yang biasa digunakan untuk melayani wisatawan di Pantai Boom,” terang Kompol Jeni.

Saat pencurian berlangsung, kata Jeni, kondisi kapal KLM Liana sedang dalam perbaikan dan tidak dalam penjagaan.

“Pintu kapal tidak dikunci sehingga pelaku dengan mudah menjarah suku cadang yang memang ada disana,” ungkapnya.

Menurut kerterangan, pencurian itu terjadi pada (16/2/2022) siang hari. Pelaku dengan mudah mengacak-acak kapal tersebut karena tidak ada yang menjaga.

“Kemudiam, pelaku meletakkan barang curiannya di semak-semak dan pada malam hari diambil kemudian dititipkan ke MD,” terangnya.

Dalam kasus ini, MD yang dititipi barang curian juga diminta oleh pelaku untuk menjual barang bukti. “Tapi belum sempat terjual kasus ini telah kita bongkar,” pungkasnya. [rin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar