Hukum & Kriminal

Suka Upload Foto, Vanessa Angel Bisa Dijerat UU ITE

Surabaya (beritajatim.com) – Posisi artis cantik Vanessa Angel boleh jadi aman dalam perkara prostitusi online yang kasusnya ditangani subdit V Cyber Crime Kriminal Khusus Polda Jatim. Namun untuk jeratan undang-undang ITE, tidak menutup kemungkinan bintang filem televisi (FTV) ini bisa berstatus tersangka.

Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera menyatakan ada hal yang memberatkan bagi Vanessa berpotensi jadi tersangka adalah keaktifan Vanessa dalam mengapload foto.

“Kegiatan ini melibatkan yang bersangkutan (Vanessa Angel) secara aktif di antaranya adalah mengapload foto-foto dia secara aktif,” ujar Barung sapaan akrabnya, Senin (14/1/2019).

Barung menambahkan, hal lain yang mempengaruhi status Vanessa bisa menjadi tersangka adalah melakukan chatting yang tidak sesuai dengan etika dan kesusilaan. “Dan yang ketiga yang bersangkutan melakukannya tidak hanya sekali tapi banyak kali,” ujar Barung.

Untuk kasus prostitusi online, lanjut Barung, penyidik tidak bisa menjerat Vanessa kecuali dia melakukan prostitusi online tersebut di satu tempat. “Kalau seperti itu bisa dijeratkan sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK) dan kena tindak pidana ringan (tipiring),” ujarnya.

Sementara Vanessa Angel usai menjalani pemeriksaan menyatakan dirinya memang menjalani pemeriksaan tambahan dalam kasus ini. “Ya tadi saya udah diperiksa, selebihnya saya serahkan ke penyidik, dan selebihnya menyerahkan ke kuasa hukum saya,” ujar Vanessa.

“Terima kasih, mohon doanya ya, mohon doanya, makasihh, makasih ya,” tambah Vanessa. [uci/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar