Hukum & Kriminal

Status Pelajar Hamil yang Hendak Transaksi Sabu Jadi Tahanan Kota

foto/ilustrasi

Mojokerto (beritajatim.com) – Status pelajar perempuan yang diamankan di sebuah toko Desa Kesiman, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto oleh anggota Unit Reskrim Polsek Trawas dalam kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu saat ini menjadi tahanan kota.

RMA (17) asal Desa Pengagungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto diamankan pada Kamis (7/2/2019) lalu saat hendak transaksi sabu diketahui sedang hamil. Pelaku diamankan di sebuah warung Desa Kesiman, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto sekira pukul 09.30 WIB.

Kapolsek Trawas, AKP Pujiono mengatakan, status tersangka saat ini menjadi tahanan kota. “Tersangka dikeluarkan pada Kamis, pekan lalu karena mengingat kondisi kehamilan tersangka yang ditakutkan melahirkan dalam penjara,” ungkapnya, Selasa (26/2/2019).

Masih kata Kapolsek, tersangka ditahan di Mapolsek Trawas sekitar dua minggu. Tersangka diminta wajib lapor setiap Senin selama proses penyidikan. Untuk proses penyidikan kasus tersangka, akan segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto.

“Berkasnya menunggu persetujuan Kapolres untuk dilimpahkan ke Kejaksaan. Pelimpahan status tersangka menjadi tahanan kota tidak lain untuk menjaga kondisi kandungan agar tidak melahirkan di tahanan. Karena dia sedang hamil tua, sekitar 36 minggu,” katanya.

Sebelumnya, penangkapan tersangka setelah dilakukan pengintaian oleh petugas dari hasil laporan dari masyarakat yang mengetahui akan ada transaksi narkoba di lokasi tersebut. Anggota berhasil mengamankan pelaku dan barang bukti berupa sabu dari tangan tersangka.

Barang bukti sabu yang ditaruh di saku depan jaket jeans berwarna biru muda tersebut diketahui setelah petugas melakukan penggeledahan. Selain itu, petugas juga mengamankan barang bukti lainnya yakni satu buah Handphone (HP) merk Asus tipe xo 14d warna hitam.

Juga jaket jeans warna biru tua dan satu unit sepeda motor Yamaha Mio J nopol S 4163 NW. Tersangka dan barang bukti kemudian diamankan di Mapolsek Trawas guna penyelidikan lebih lanjut, tersangka dijerat Pasal 112 dan Pasal 114 KUHP tentang Undang-undang Narkotika.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar