Hukum & Kriminal

Sopir PT BSB Lumpuhkan Pencuri Truk di Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Aksi yang dilakukan Gatot Purwanto (40) yang berprofesi sebagai sopir di perusahaan PT Bangun Sarana Baja (BSB) Gresik itu, tergolong nekad dan layak mendapat apresiasi. Pasalnya, warga asal Jalan Rembang 93 Surabaya tersebut mampu melumpuhkan pencuri truk seorang diri di dekat exit tol Romokalisari Surabaya.

Kasus pencurian truk ini bermula saat Gatot Purwanto yang merupakan sopir PT BSB juga pelapor, mendapat laporan dari anaknya. Bahwa, truk Toyota Dyna P 8836 VD yang diparkir di Jalan Veteran Tama Utara 3 Gresik. Dikendarai orang tidak dikenal meninggalkan garasi.

Mengetahui hal itu, Gatot Purwanto mengejar sambil mengendarai motor seorang diri hingga sampai Jalan Veteran. Saat mendekati traffic light di Perempatan Segoromadu Gresik. Gatot semakin cemas, sebab truk yang dicuri sudah mendekati exit tol Romokalisari Surabaya.

Kemudian sopir yang bekerja di PT BSB itu, mengejar dan menghadang truk yang hendak masuk ke jalan tol. Dengan tangan kosong, Gatot melumpuhkan pelaku sambil meminta pertolongan warga. Usai pelaku dapat dilumpuhkan sambil kedua tangan diikat tali rafia. Gatot selanjutnya melaporkan kasus ini ke Polsek Kebomas.

Sementara pelaku pencurian truk Permadi (30) warga asal Desa Sugio, Kecamatan Sugio, Lamongan tidak menyangka dirinya dikejar oleh orang yang terus mengejarnya saat mau masuk tol Romokalisari Surabaya. “Saya tidak menyangka dia Gatot terus mengejar dan dapat melumpuhkan saya sambil dibantu warga,” ungkapnya.

Terkait dengan kasus ini, Kanit Reskrim Polsek Kebomas Iptu Yoyok Mardi membenarkan ada kasus pencurian truk sambil melumpuhkan pelaku. “Kasus ini sudah kami tangani, dan pelaku sudah kami amankan termasuk barang bukti satu unit truk Toyota Dyna P 8836 VD. Atas perbuatannya ini pelaku juga dijerat pasal 362 KHUP,” pungkasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar