Hukum & Kriminal

Soal Penghinaan Kiai Khos NU Gresik, Ini Tanggapan Kapolres

Gresik (beritajatim.com) – Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menegaskan para santri dari Forum Silaturrahmi Santri (Forsis) dan Himpunan Alumni Mambaus Sholihin (Himam) Gresik, tak perlu berbondong-bondong ke Mapolres Gresik untuk melaporkan penghinaan terhadap Kiai Khos NU Gresik di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Saya berharap tak ada lagi pengerahan massa karena pandemi Covid-19 masih mewabah. Percayakan kepada kami proses hukumnya,” ujarnya saat dihubungi beritajatim.com, Minggu (6/12/2020).

Arief menjelaskan terkait dengan adanya laporan penghinaan yang dilakukan warga Desa Hulaan, Kecamatan Menganti terhadap Kiai Khos NU yakni KH.Masbuchin Faqih. Anggotanya telah memeriksa sejumlah saksi-saksi untuk dimintai keterangan.

“Sejumlah saksi-saksi telah dimintai keterangan termasuk yang bersangkutan H.Kasiadi Nawawi. Untuk hasilnya kami mohon waktu. Sebab, proses pemeriksaan serta penyelidikan tidak boleh gegabah karena ini menyangkut persoalan hukum, dan anggota kami tetap mengkedepan promoter dalam penanganan kasus ini,” ujarnya.

Sebelumnya, ratusan santri dari Forsis Gresik mendatangi rumah H.Kasiadi Nawawi. Mereka keberatan dengan komentar bernada penghinaan terkait pencalonan pilkada melalui whatsapp (WA). Forsis Gresik juga berharap aparat penegak hukum bertindak tegas menangani kasus penghinaan yang dialami pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaus Sholihin.

Tidak hanya itu, puluhan santri dari Forsis dan Himam Gresik telah melaporkan kasus ini ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Gresik dengan nomor TBL-B/576/XII/RES.1.24/2020/RESKRIM/SPKT Polres Gresik. “Kami ingin polisi segera mengusut kasus ini. Seluruh santri merasa tersakiti atas penghinaan terhadap kiai kami,” ujar Ketua Himpunan Alumni Santri Mambaus Sholihin Maftuh.

Menurut Maftuh, jika dalam waktu dekat polisi tidak ada tindakan meski laporannya sudah dilakukan, pihaknya akan mendatangi Polres Gresik lagi dengan jumlah massa yang lebih besar. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar