Hukum & Kriminal

Siti Mia Lubis Jadi Presiden Kongres Advokat Indonesia

Siti Jamailah Lubis Jadi Presiden KAI periode 2019-2024 di Kongres Nasional III.

Malang(beritajatim.com) – Kongres Nasional III Kongres Advokat Indonesia (KAI) memilih Siti Jamailah Lubis sebagai Presiden KAI periode 2019-2024. Kongres digelar di Dendrobium Hall Kusuma Agrowisata, Kota Batu. Dia terpilih secara aklamasi dalam kongres ini.

Siti Jamiailah mengatakan, pemilihan Presiden telah dilakukan secara demokratis. Dia didukung oleh 33 DPD se-Indonesia. Setelah terpilih dia meminta anggota KAI untuk menegakkan etika profesi demi mewujudkan profesi advokat sebagai penegak hukum yang profesional dan berintegritas.

“Saya tak segan mengeluarkan anggotanya yang bermasalah. Anggota KAI harus membantu masyarakat yang mencari keadilan. Ini merupakan pesan dan motivasi yang selalu disampaikan oleh alm. Presiden KAI, Indra Sahnun Lubis selaku presiden KAI sebelumnya,” kata Siti Mia, Jumat, (15/11/2019).

Siti Mia mengajak, anggota KAI untuk terus lantang menyuarakan keadilan, termasuk melakukan kritik keras terhadap pemerintah bila terjadi kesewenangan. Namun, dia meminta kritik yang diberikan ke pemerintah harus bersifat membangun. Salah satu persoalan adalah menentang dewan pengawas KPK berstatus mantan napi.

“Misalnya saja seperti adanya dewan pengawas KPK yang mau dipilih dari mantan napi. Kita bicara soal itu dengan lantang karena memang adanya ketidak adilan hukum. Sebagai advokat harus berani untuk membela kebenaran dan menegakkan hukum,” kata Siti Mia.

Sementara itu, Ketua Steering Committee (SC) Kongres Nasional III KAI, Abdul Malik mengatakan kongres diikuti oleh 760 peserta dari 33 DPD seluruh Indonesia. Di posisi presiden kini dijabat oleh Siti Mia Lubis sedangkan di posisi Sekjen dijabat oleh Apolos Jarabonga.

“Sekjen juga telah dipilih oleh peserta yang hadir dengan one man one vote. Dengan suara terbanyak, dan terpilih sebagai Sekjen adalah Apolos,” tandasnya. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar