Hukum & Kriminal

Sering Dihina, Pemuda Pulau Kangean Sumenep Tebas Wajah Tetangga dengan Parang

Aparat Polsek Kangean melakukan olah TKP pembacokan (foto: Humas Polres Sumenep)

Sumenep (beritajatim.com) – Sadran (73), warga Desa Angkatan, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, meninggal setelah ditebas parang oleh Sakur (29), yang masih tetangganya sendiri.

“Kejadiannya di sebuah tanah kosong dekat sawah, di sebelah selatan rumah korban,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Kamis (18/03/2021).

Sekitar setahun lalu, antara korban dan pelaku sempat terjadi pemasahan kecil. Namun persoalan itu bisa diselesaikan dengan kekeluargaan. Sejak saat itu, korban sering menghina pelaku. Namun tidak dihiraukan oleh pelaku.

Puncaknya pada Rabu (17/03/2021), pelaku pulang dari sawah usai memberi makan kerbau. Saat perjalanan pulang itulah, di sebuah tanah kosong, terjadi cek cok mulut antara pelaku dan korban.

“Ketika pertengkaran mulut itu terjadi, pelaku emosi dan langsung membacok korban dengan parang yang dibawanya. Akibat sabetan parang itu, korban mengalami luka robek parah pada bagian wajah dan akhirnya meninggal dunia,” ungkap Widiarti.

Setelah kejadian itu, pelaku langsung membuang parangnya ke tengah sawah, dan ia bergegas pulang ke rumah. Kemudian pelaku meminta bantuan aparat desa untuk diantarkan menyerahkan diri ke Polsek Kangean.

“Tersangka dan barang bukti kemudian diamankan di Polsek Kangean untuk proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” ujarnya.

Dalam peristiwa itu, polisi menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya kaos lengan panjang warna biru variasi merah, dan celana pendek biru muda. Baju itu yang digunakan pelaku untuk menghabisi korban.

“Sedangkan barang bukti lain yang diamankan dari korban adalah topi dan baju yang terdapat bercak darah,” terang Widiarti.

Tersangka dijerat Pasal 351 ayat (3) KUH Pidana tentang penganiayaan yang menyebabkan matinya seseorang dengan dengan cara membacok menggunakan sebilah parang. “Ancaman hukumannya di atas 5 tahun penjara,” pungkasnya. [tem/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar