Hukum & Kriminal

Seribuan Pil Koplo Dikemas di Buah Salak, Lalu Diselundupkan ke Lapas Jombang

Petugas Lapas mengeluarkan pil koplo dari dalam salak

Jombang (beritajatim.com) – Modus penyelundupan pil koplo ke Lapas Jombang berhasil dibongkar petugas, Senin (24/8/2020). Pil koplo yang jumlahnya sekitar seribu butir itu dikemas ke dalam buah salak. Selanjutnya, dengan berdalih membesuk, seorang perempuan membawa aneka buah tersebut ke Lapas (Lembaga Pemasyarakatan).

Walhasil, petugas menaruh kecurigaan dan dilakukan penggeledahan. Dari situlah upaya penyelundupan barang haram yang dilakukan oleh VN terbongkar. “Dari luar seperti layaknya buah salah. Ternyata setelah dibongkat isinya pil koplo jenis dobel L,” kata Kepala Lapas Kelas IIB Jombang Mahendra Sulaksana.

Mahendra menduga, salak berisi pil koplo itu hendak dikirimkan kepada H, yang tak lain istri dari VN. Pihak Lapas kemudian menyerahkan kasus tersebut ke Sat Resnarkoba Polres Jombang guna tindak lanjut. Begitu juga dengan barang bukti sekitar seribu pil koplo berikut salak yang digunakan untuk mengemas obat tersebut.

Kepala Sat Resnarkoba Polres Jombang AKP M Mukid membenarkan kasus tersebut. Dia menjelaskan, jika dilihat sekilas, salak tersebut seperti buah pada umumnya. Namun ketika dilihat secara detail, nampak kejanggalan. Karena kulit buah yang berwarna coklat tersebut ada bekas lem.

Dari pemeriksaan, salak tersebut dirobek kemudian dkeluarkan isi buahnya. Sebagai gantinya, dimasukkan pil koplo ke dalam buah itu. Terakhir, kulit bekas sobekan itu ditutup menggunakan lem. “Saat ini kita melakukan pemeriksaan serta mengambangkan kasus ini,” ujar Mukid. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar