Hukum & Kriminal

Sepekan Jadi Manajer, Pria Ini Bobol Uang Perusahaan Rp 18 Juta

Surabaya (beritajatim.com) – Bukannya bersyukur bekerja sebagai seorang manajer, Imannuar Rizal (28) justru mencuri uang perusahaanya sendiri.

Padahal, baru sepekan ia bekerja sebagai seorang manajer, tapi justru mencongkel laci berisi uang di kantornya.

Kapolsek Sukolilo, Surabaya,  AKP Subiyantana menjelaskan, pelaku merupakan orang yang licin. Ia usai mencuri uang perusahaan Rp 18 juta langsung menghilang.

“Pelaku menghilang dan menghabiskan uang dengan cara sembunyi di hotel. Pelaku dilaporkan pada 16 Maret lalu. Kejadian pencurian pada 15 Maret 2020 dan tertangkap kamera CCTV. Usai berhasil membawa uang ia langsung lari dan menghilang,” jelasnya kepada beritajatim.com saat melakukan pemeriksaan di Mapolsek Sukolilo, Surabaya, Jumat (8/5/2020).

Lebih lanjut AKP Subiyantana menjelaskan, pelaku tertangkap usai menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang) selama satu setengah bulan . Petugas yang mencari pelaku satu persatu tempat kerja, tempat nongkrong, kerabat dan saudara tak menemukan  jejaknya. Hanya saja, usai uang curian habis, pelaku kembali ke rumah dan langsung diamankan petugas.

“Informasi intel katanya pelaku sudah masuk rumah. Kita intai dan ikuti sesuai prosedur DPO untuk mempermudah penangkapan pelaku. Kemudian kita amankan di rumah keluarganya,” tandasnya.

Seperti yang dijelaskan Kanit Reskrim Polsek Sukolilo, Iptu Zainul Abidin, pelaku bekerja di kantor CUQ di jalan Arif Rahman Hakim. Pelaku mencuri dengan cara mencongkel laci menggunakan sendok dan gunting. Usai kunci berhasil terbuka, pelaku mengambil uang Rp 18 juta yang ia habiskan  dengan sembunyi di dua hotel.

“Jadi pelaku mencuri karena ia sudah mengatahui letak uang perusahaan. Karena manajer perusahaan, ia mengambil saat kondisi kantor sepi. Tapi aksinya tertangkap kamera pengawas. Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP,” pungkas Iptu Zainal Abidin.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar