Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Sepasang Kekasih Ini Kompak Edarkan 4 Kg Sabu-Sabu, Dikirim dari Malaysia

Surabaya (beritajatim.com) – Sepasang kekasih, yakni RA dan ICK, ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim. Keduanya kompak menjadi pengedar barang haram yang didatangkan dari Malaysia.

Dalam jumpa persnya, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengungkapkan, RA dan ICK adalah pasangan kekasih. RA diketahui sebagai warga Maluku Utara, sementara ICK adalah warga negara Nigeria. Keduanya mendapat kiriman narkoba jenis sabu-sabu dengan berat sekitar 4 kilogram. Tak hanya sabu-sabu, barang haram seperti 1700 butir ekstasi berbagai warna juga mereka terima dari seseorang di Malaysia yang dikirim melalui jalur laut.

“Penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu dan ekstasi asal Malaysia melalui jalur laut di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” ujar Gatot dalam jumpa persnya, Senin (27/9/2021).

Diejaskab Gatot, penangkapan terhadap keduanya dilakukan pada 15 Juli 2021 lalu. Kasus ini berawal dari temuan paket mencurigakan oleh Bea Cukai Tanjung Perak Surabaya dan berkoordinasi dengan Ditreskoba Polda Jatim. Paket tersebut lalu diantar sesuai alamat, dan setelah diterima langsung dilakukan penangkapan terhadap pasangan tersangka RA dan ICK (WN Nigeria), di tempat parkir Apartemen City park gate, Cengkareng, Jakarta Barat.

“Mereka merupakan jaringan asal Malaysia, dan barang akan diedarkan ke seluruh Indonesia melalui jaringan di Jakarta,” Ungkap Kabid Humas Polda Jatim, Kombes pol Gatot Repli handoko, Senin (27/9/2021).

Dari tangan tersangka polisi berhasil menyita 4 kg sabu, dan 1700 butir ekstasi berbagai warna. Dan atas perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat 2, dan pasal 112 ayat dua, serta pasal 132 ayat 1, undang-undang narkotika. [uci/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar