Hukum & Kriminal

Sepanjang Tahun 2020, BNN Kabupaten Malang Rehabilitasi 91 Pecandu Narkoba

Malang (beritajatim.com) – Hingga Senin (28/12/2020) hari ini di sepanjang tahun 2020, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang, sudah merehabilitasi 91 orang pecandu narkoba.

Selama kurun waktu satu tahun yang tinggal beberapa hari kedepan, 91 orang tersebut terdiri dari 5 orang pecandu narkoba berjenis kelamin perempuan, dan 86 orang pecandu laki-laki. Semua pecandu itu, hingga kini masih menjalani rehabilitas di 5 instansi yang ditunjuk oleh BNN Kabupaten Malang.

“Kelima instansi itu yakni Klinik Pratama BNN Kabupaten Malang. Di sana ada 32 pecandu. Pesantren Rakyat Sumberpucung 1 pecandu, RSJ Lawang 38 pecandu, HMC Dau 13 pecandu, dan Puskesmas Gondanglegi 7 pecandu,” ungkap Kepala BNN Kabupaten Malang Letkol Laut PM Candra Hermawan saat konferensi pers Akhir Tahun 2020 di Kantor BNN Kabupaten Malang, Jalan Raya Pakisaji, Senin (28/12/2020).

Candra menerangkan, bahwa, pecandu narkoba tersebut mayoritas adalah remaja yang masih duduk di bangku sekolah. “Rata-rata berusia 19-30 tahun,” tegasnya.

Namun, dari 91 pecandu narkoba itu, tidak semuanya diproses secara hukum. Menurut Candra jika pencandu meminta untuk rehabilitasi ke BNN Kabupaten Malang maka tidak ada proses hukum. Tapi tetap dilakukan rehabilitasi. “Untuk kategori ini, maka kami akan merehabilitasi secara gratis,” ujarnya.

Sementara, bagi pecandu yang tertangkap maka ada 3 proses yang akan dilakukan oleh BNN Kabupaten Malang. “Jika masuk dalam kategori penyalagunaan narkoba maka akan direhabilitasi tanpa proses hukum. Namun jika tertangkap tangan menggunakan narkoba, maka akan direhabilitasi di Lapas. Namun jika tertangkap sebagai pengedar maka akan dipenjara tanpa direhabilitasi,” beber Candra.

Sepanjang tahun 2020 ini, diketahui ada 32 pecandu narkoba yang sadar dan melaporkan diri ke BNN Kabupaten Malang untuk rehabilitas. “Jumlah itu sebetulnya sudah melebihi target kami selama tahun 2020. Karena target kami sebanyak 25 orang,” Candra mengakhiri. (yog/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar