Hukum & Kriminal

Senpi Anggota Polres Tuban Dicek, Ini Hasilnya

Pemeriksaan senjata api (Sepi) yang dilakukan oleh jajaran Polres Tuban, Senin (8/3/2021)

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai bentuk antispasi dan mencegah penyalahgunaan senjata api (Senpi), Polres Tuban melakukan pengecekan secara berkala kebedaraan senjata yang dibawa oleh masing-masing anggota, Senin (8/3/2021).

Pemeriksaan ratusan senpi tersebut dilakukan di halaman belakang Mapolres Tuban baik dari anggota yang ada di Polres maupun yang bertugas di polsek-polsek jajaran. Selain kondisi senjata, pengecekan juga dilakukan terkait surat izin pijam pakai apakah masih berlaku atau tidak.

Pelaksanaan gelar pemeriksaan senjata itu dipimpin oleh Kabag Ops Polres Tuban bersama dengan Kabag Sumda dari juga Kasi Propram. Satu persatu anggota dari Polres Tuban itu menunjukkan kondisi senjatanya, jumlah peluru serta surat izin pemakaian senjata untuk dilakukan pemeriksaan oleh tim.

“Ini merupakan kegiatan berkala. Selain mengantisipasi adanya penyalahgunaan senpi, kita juga bisa tahu kebersihan serta kelayakan senpi yang dipinjam pakai oleh anggota” terang Kompol Mardiyah, Kabag Sumda Polres Tuban.

Setelah kondisi surat izin pemakaian senjata itu masih berlaku, selanjutnya jumlah kelengkapan amunisi juga dilakukan pengecekan baik jumlahnya maupun kondisi amunisinya layak atau tidak. Selain itu kelayakan dan kebersihan senpi pun juga tak luput dari pemeriksaan.

“Harapannya dengan adanya pemeriksaan berkala ini, anggota bisa lebih bertanggung jawab dengan senpi yang dipegang baik itu keamanannya serta penyimpanannya. Tak kalah penting pelanggaran penyalahgunaan senpi bisa dihindari,” sambungnya.

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan terhadap ratusan senjata api milik anggota Polres Tuban itu tidak ditemukan adanya pelanggaran oleh personel yang membawa senp. Semua senpi dan amunisi dinas dalam keadaan terawat dan layak pakai serta siap menunjang kerja anggota di lapangan. [mut/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar