Hukum & Kriminal

Sempat Tertembak 3 Kali, Pegawai Minimarket Lumpuhkan Perampok dengan Tangan Kosong

Foto ilustrasi perampokan di minimarket kawasan Kenjeran, Kota Surabaya. (manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Menganggur dan tak mau berusaha, Samsul Arifin nekat menggunakan airsoftgun untuk merampok di sebuah minimarket yang ada di kota Surabaya, Selasa (24/3/2020). Aksi pemuda bernama umur 24 warga Ploso VI/10B Surabaya tersebut digagalkan sendiri oleh korbannya atau karyawan toko Edi Purnomo Saputro.

Edi yang saat menjaga minimarket bersama seorang temannya di shift ketiga ini berani melawan pelaku meski sudah ditodong senjata. Tak berfikir apakah senjata api asli atau tidak, Eko mencoba melawan Samsul atau pelaku ini dengan tangan kosong.

“Korban yang pelan-pelan mendekati pelaku akhirnya dapat melumpuhkan tersangka dengan tangan kosong. Selanjutnya dibantu warga kemudian menghubungi kami,” jelas Kanit Reskrim Polsek Tambaksari, Iptu Didik Ariawan, Rabu (25/3/2020).

Samsul Arifin pelaku perampokan yang menggunakan air softgun di salah minimarket di Kota Surabaya. (Polisi/Manik Priyo Prabowo)

Lebih lanjut Iptu Didik menjelaskan, tak hanya menodongkan pistol kepada korban, pelaku memaksa untuk mengeluarkan uang yang ada di laci kasir. Pelaku juga sempat meletupkan tiga kali tembakan yang mengarah ke korban. Karena keberanian koran ini, pelaku melesatkan tiga peluru gotri ke arah korban dan mengenai pelipis kiri, tangan dan perutnya.

“Lukanya tiga tembakan tak membuat korban lengah atau takut. Korban langsung melumpuhkan pelaku dan kemudian dibantu oleh warga sekitar. Usai tertangkap korban pun melaporkannya ke Polsek dan kini pelaku sudah kita amankan,” tandasnya.

Saat diinterogasi, Samsul yang beraksi sendiri itu mengaku baru sekali ini beraksi lantaran terlilit kebutuhan bayar utang. Kini Samsul mendekam ditahanan Mapolsek Tambaksari dan dijerat pasal 365 KUHP dan atau UU Darurat jlnomor 12 tahun 1951.

“Menurut pengakuan pelaku dia tidak bekerja dan terlilit utang. Namun masih kami dalami,” tandas Didik. [man/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar