Hukum & Kriminal

Selundupkan Sabu 815 Gram dari Malaysia, Kakek Ini Ditangkap di Bandara Juanda

Sidoarjo (beritajatim.com) РCustoms Narkotics Team (CNT) gabungan dari petugas di Bandara Internasional Juanda kembali menggagalkan penyelundupan sabu-sabu 815 gram yang dilakukan oleh Mulyono bin Hasan (54) warga Tamberu Timur Sokobanah, Sampang, Madura.

Modus penyelundupan yang dilakukan tersangka yakni menyembunyikan dua bungkus plastik berisi sabu yang dimasukkan dalam lipatan baju yang dibawa dari penerbangan Air Asia QZ-331 dari Kuala Lumpur tersebut.

“Yang bersangkutan membawa dua tas jinjing saat turun dari pesawat. Satu tas dalam mesin X-ray terlihat sesuatu yang disembunyikan di sela-sela lipatan baju. Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, ternyata sabu-sabu dan tersangka langsung diamamkan,” kata Kepala KPPBC Juanda Budi Harjanto Kamis (27/6/2019).

Di depan petugas, Mulyono mengaku sudah tiga kali melakukan penyelundupan sabu dengan modus sama lewat Bandara Interernasional Juanda. Pertama dan kedua, lolos dari penyergapan saat membawa sabu seberat 100 gram. “Dua kali itu dapat upah senilai Rp 10 jutaan,” akunya.

Namun untuk yang ketiga kalinya ini, Mulyono mengaku disuruh Mulyadi, temannya yang masih satu kecamatan dengannnya untuk membawa dua bungkus sabu tersebut dan nanti akan ada yang mengambil setiba di Surabaya. “Rencananya jika berhasil, saya diberi upah Rp 20 juta. Tapi begitu tahu saya tertangkap, sekarang Mulyadi lari ke Malaysia,” ungkap Mulyono.

Atas perbuatan ini, Mulyono terancam Pasal 113 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar