Hukum & Kriminal

Selama Pandemi Covid-19, Kriminalitas Turun Drastis di Kabupaten Malang

Kepala Reserse Kriminal Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo

Malang (beritajatim.com) – Angka tindak pidana kriminalitas di Kabupaten Malang selama pandemi Covid-19 ini justru menurun drastis hingga mencapai 70 persen. Hal itu dinyatakan langsung oleh Kepala Reserse Kriminal Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo, Rabu (17/6/2020) sore.

Meski turun, Andaru mengimbau masyarakat agar terus meningkatkan keamanan di masing-masing wilayah. Menurut Andaru, selama beberapa waktu terakhir ini, tren kriminalitas di wilayah hukum Polres Malang terjadi penurunan. Hal itu, kata Andaru, juga imbas dari banyaknya masyarakat yang rutin menjaga keamanan kampung-kampung selama wabah Covid-19.

“Saya harap pola siskamling dan pola pengamanan tetap dilaksanakan,” kata Andaru.

Mantan Kasatreskrim Polres Gresik ini menjelaskan, selama dua bulan terakhir presentase kriminalitas di wilayah hukum Polres Malang menurun drastis. Bahkan kasus kejahatan jalanan atau street crime menurun hingga di angka sekitar 20 persen.

“Street crime turun drastis di bawah 50 persen. Jadi awal Mei sebelum PSBB (pembatasan sosial berskala besar, red) itu sekitar 50 persen, dua bulan ke belakang 20 persen,” jelasnya.

Lebih jauh, Andaru menyatakan, adanya penurunan presentase angka kriminalitas itu memang tidak terlepas dari keaktifan masyarakat yang terlibat dalam hal pengamanan wilayah.

“Sekarang ada efeknya dari pola pengamanan yang dilakukan masyarakat. Warga itu sangat aktif,” Andaru mengakhiri. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar