Hukum & Kriminal

Selain Balon Udara, 7.983 Petasan Juga Diamankan

Ponorogo (beritajatim.com) – Selain berhasil mengamankan sedikitnya 87 balon udara, Polres Ponorogo juga mengamankan ribuan petasan dengan berbagai ukuran. Mulai dari diameter 1 hingga 10 centimeter. Ya, adanya petasan ini merupakan satu paket dari balon udara yang juga akan diterbangkan.

“Jadi saat menerbangkan balon udara itu juga ada petasannya, sehingga bunyi petasan itu saat balon diterbangkan,” kata Kapolres Ponorogo AKBP. Areif Fitrianto, Selasa (26/5/2020).

Tentu itu sangat membahayakan sekali. Bisa menyebabkan kebakaran jika jatuh di perkebunan maupun pemukiman. Bahkan jika jatuh di kabel listrik tentu bisa mengganggu aliran listrik. “Sebelum lebaran hingga saat ini total ada 7983 petasan yang berhasil kami amankan,” katanya.

Di bandingan lebaran tahun lalu, Arief mengaku ada penurunan hingga 80 persen tentang kasus balon udara di bumi reyog. Penurunan itu, menurut Arief tumbuhnya kesadaran untuk menyerahkan balon udara maupun petasan. Masyarakat sekarang mengerti dan sadar akan keselamatan di lingkungannya. Dari 87 balon udara, ada 33 balon udara yang diserahkan dari masyarakat kepada pihak kepolisian. “Ada 33 balon udara yang diserahkan secara sukarela. Sisanya merupakan hasil razia petugas kami,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, hingga hari ketiga lebaran Idul Fitri, Polres Ponorogo sudah mengamankan sedikitnya 87 balon udara. Jumlah itu ada yang merupakan sitaan petugas, juga ada yang dari masyarakat dengan sukarela menyerahkan balon udara tersebut. “Sebagian besar balon udara yang diamankan dari Kecamatan Kauman, Sukorejo, Babadan, Jambon dan Jetis,” kata Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto.

Dalam pengamanan balon udara di lapangan, banyak metode yang dilakukan petugas. Ada yang menggunakan drone untuk menyobek balon udara yang sudah terbang. Juga ada yang manual, dengan petugas langsung mengamankan balon yang sedang diasapi hendak diterbangkan. “Kami mengamankan balon udara yang paling panjang berukuran 35 meter. Diamankan saat proses pengisian asap,” katanya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar