Hukum & Kriminal

Direktur Pengaduan Masyarakat KPK Caya Harefa:

Sejumlah Laporan Dugaan Korupsi di Probolinggo Masuk KPK

Probolinggo (beritajatim.com) – Direktur Pengaduan Masyarakat, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Cahya Hardianto Harefa, mengatakan, banyak pengaduan masyarakat terkait dugaan pidana korupsi di Probolinggo, masuk meja KPK.

Dari sejumlah laporan itu, KPK terus melakukan pendalaman. Apakah laik diproses sebagai pidana korupsi atau tidak. “Kadang masyarakat laporan hanya berdasar narasi katanya. Berdasar berita dikoran. Atau hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Kita kan butuh data detail dan akurat. Semakin lengkap (data dugaan korupsi red.) semakin cepat kita proses,” katanya dalam jumpa pers terkait kegiatan road show KPK di lingkungan kantor Pemkot Probolinggo, Senin (15/7/2019) sore.

Meski dalam kesempatan itu tidak merinci berapa jumlah dan kasus apa saja yang masuk lembaga anti rasua tersebut, namun Cahya, mengisyaratkan jika pengaduan masyarakat Probolinggo, bisa diakses wartawan. “Besok saja (Selasa (16/7/2019) red.) akan kita sampaikan data itu. Besok ada ajang sharing antara KPK dengan pihak Pemkot/Pemkab Probolinggo dan Pemkab Pasuruan,” katanya.

Soal identitas pelapor, ujar lulusan S2 University of Western Sydney (1999) itu, tetap menjadi rahasia dan hanya bisa diakses KPK. “Kerahasiaan pelapor hanya diketahui KPK. Tidak akan diungkap,” cetusnya.

Tak hanya pemberantasan korupsi di luar institusi KPK. Cahya, juga menyinggung komitmen KPK juga berlaku ke dalam. “Kalau ada petugas kita yang ‘brengsek’ ya tetap kita tindak. Ada divisi sendiri untuk itu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, rombongan KPK sambangi Kota Probolinggo, untuk sosialisasi pencegahan tindak korupsi. Kegiatan tersebut berlangsung selama 15-17 Juli kedepan.

Probolinggo adalah kota ke tujuh dari 28 kota/kabupaten di tiga propinsi (Jateng, Jatim, dan Bali) yang dikunjungi KPK dalam agenda Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi.

Ajang itu juga digunakan KPK sosialisasi kepada masyarakat, tentang bagaimana cara melaporkan tindak pidana korupsi yang benar. [eko/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar