Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Segera Diadili, Hakim Itong Ditahan di Rutan Medaeng

Hakim Itong Isnaeni Hidayat Ditangkap KPK

Surabaya (beritajatim.com) – Hakim Itong Isnaeni Hidayat akan menjalani sidang atas dugaan suap atas perkara yang ditangani.

Hari ini (7/6/2022) Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Gina Saraswati telah selesai melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan Terdakwa Itong Isnaini Hidayat dkk ke Pengadilan Tipikor pada PN Surabaya.

Selain hakim Itong, ada dua tersangka lainnya yang juga akan segera diadili. Mereka adalah Hamdan (panitera pengganti) dan Hendro Kasiono (pengacara).

Namun, ketiganya ditahan di tempat berbeda. Hakim Itong ditahan di Rutan Klas 1 Surabaya, Hamdan di Rutan Kejati Jatim dan Hendro Kasiono di Rutan Polda Jatim.

Hakim Itong Isnaeni Hidayat

Karutan Medaeng Wahyu Hendrajati Setyo Nugroho mengatakan, Hakim Itong dibawa ke Rutan Medaeng sekitar pukul 11.00 Wib. Setelah menjalani proses administrasi, Hakim Itong kemudian dimasukkan ke sel isolasi selama dua pekan mendatang.

“ Yang atas nama Itong benar ada di Rutan Kelas 1 Surabaya,” ujar Hendra, Selasa (7/6/2022).

Saat ini, tim Jaksa masih menunggu penetapan penunjukkan Majelis Hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda pembacaan surat dakwaan.

Sementara ketiga Tersangka dijerat dengan pasal berbeda, untuk Hendro Kasiono sebagai pemberi dijerat Pasal 6 ayat (1) huruf a UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP
atau Kedua Pasal 13 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Sementara hakim Itong Isnaini Hidayat dan Hamdan sebagai penerima dijerat Pasal 12 huruf c UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP kedua Pasal 11 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Perlu diketahui, Tim Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Itong Isnaeni Hidayat, Kamis (20/1/2022). Itong ditangkap bersama seoang pengacara sekutar pukup 05.00 WIB.
Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) Andi Samsan Nganro mengatakan, tim KPK datang selepas subuh dan langsung menuju ruang Hakim Itong. Beberapa saat kemudian KPK menyegel ruang kerja Hakim Itong. [uci/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar