Hukum & Kriminal

Sebar Hoaks Virus Corona, Hj Nur Fadillah Ditangkap Polda Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Menyebarkan berita tentang penderita virus corona di media sosial facebook, Hj Nur Fadillah ditangkap polisi. Dalam postingannya, tersangka menyatakan bahwa penderita virus corona sudah ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo, faktanya berita tersebut tidak benar.

“Tersangka melanggar Undang Undang No. 1 Tahun 1946 tentang Peraturan hukum pidana dan UU ITE,” ujar Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (9/3/2020).

Sementara tersangka yakni Hj Nur Fadillah alias Dilla menyatakan bahwa dirinya mendapat berita tersebut dari grup Whatsapp yang ada di sekolah kemudian dia upload di media facebook.

“Saya Hajah Nur Fadillah alias Dilla pemilik akun yang memposting dengan kata-kata pasien virus corona sudah ada di RSUD DR Soetomo Surabaya. Dengan ini saya minta maaf kepada masyarakat khususnya pemerintah dan pihak RS Dr Soetomo. Saya berjanji tidak akan mengulangi lagi,” ujar tersangka pada awak media.

Dilla dianggap menyebarkan berita bohong karena akibat postingannya tersebut masyarakat menjadi resah sebab faktanya pasien tersebut bukan penderita virus corona.

“Saya berjanji tidak akan mengulangi lagi,” ujarnya.

Dengan adanya kasus ini Kabid Humas menyatakan bahwa hendaknya jadi pembelajaran bersama dan masyarakat diharapkan lebih hati-hati apabila mendapat kabar atau berita sehingga diharapkan bisa melakukan kroscek terlebih dahulu.

“Ini jadi pembelajaran bersama agat hati-hati dalam menyebar berita yang tidak benar,” ujar Kabid Humas. [uci/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar