Hukum & Kriminal

Satu Bulan, Polresta Mojokerto Amankan 27 Tersangka Kasus Narkoba

Kapolresta Mojokerto, AKBP Bogiek Sugiyarto merealese hasil pengungkapan narkoba selama bulan Oktober 2019. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 20 laporan polisi dengan 27 tersangka peredaran narkoba berhasil diamankan Polresta Mojokerto selama bulan Oktober 2019. Dari puluhan tersangka tersebut diamankan barang bukti sabu seberat 221,75 gram dan pil double 2 ribu butir.

Kapolresta Mojokerto, AKBP Bogiek Sugiyarto mengatakan, sebanyak 27 tersangka tersebut, 21 tersangka laki-laki dan enam tersangka perempuan. “Profesi para tersangka ibu RT, sopir, wiraswasta. Rata-rata para tersangka adalah pengedar,” ungkapnya, Rabu (30/10/2019).

Para tersangka tersebut merupakan target lama, namun baru diungkapkan bulan Oktober ini dengan sasaran berbagai macam kalangan, termasuk pelajar. Pihaknya masih mengkembangkan apakah para tersangka tersebut ada jaringan dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Kasat Narkoba Polresta Mojokerto, AKP Redik Tribawanto menambahkan, dengan wilayah penangkapan terbanyak yakni di Kecamatan Magersari, Prajuritkulon dan Kranggan. “Harga satu gram sabu saat ini, antara Rp1,2 juta sampai dengan Rp1,5 juta. Dengan disitanya barang bukti sebanyak 221,75 setara dengan Rp332 juta,” jelasnya.

Selain mengamankan 27 tersangka, petugas mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 221,75 gram, pil double sebanyak 2 ribu butir, lima timbangan elektric, empat set seperangkat alat hisap sabu, 22 unit Handphone (HP) dan uang tunai sebesar Rp1.634.000.

Para tersangka dijerat Pasal 114 dan Pasal 112 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman empat tahun. Para tersangka saat ini dilakukan penahanan di Rutan Mapolresta Mojokerto.

Sementara itu salah satu tersangka perempuan, IN mengaku, aksi yang dilakukan tersebut tak luput dari himpitan ekonomi. “Karena tuntutan ekonomi, saya menyesal dan tidak mengulangi lagi,” tutur ibu rumah tangga asal Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto ini.

Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan sembilan paket sabu siap edar dengan berat kotor seluruhnya 4,18 gram dan pil doubel L sebanyak 2 ribu butir.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar