Hukum & Kriminal

Satpam Diminta Tak Main HP saat Bertugas

Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto berfoto bersama anggota satpam. [foto: Humas Polres]

Ponorogo (beritajatim.com) – Menjelang peringatan HUT Satuan pengamanan (Satpam) yang jatuh pada 28 Desember nanti, Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto mengingatkan fungsi dan tugas satpam. Terlebih yang berjaga di sekitar obvit (objek Vital).

Satpam, kata Arief pengemban fungsi kepolisian dan menyelengarakan keamanan di tempat kerjanya maupun ditempat tinggal. “Yakni meliputi pengamanan fisik, personil, memberikan informasi kepada supervisornya dan pengamanan tekhnis lainnya,” kata Arief Fitrianto saat menyampaikan arahan kepada anggota satpam di aula Polres Ponorogo, Rabu (4/12/2019).

Hadirnya Satpam di lingkuangan kerja seperti bank, sekolah, maupun tempat keramain yang mungkin belum tercover oleh pihak kepolisian, memberi dampak yang positif. Sehingga pelaku tindak kejahatan akan berfikir dua kali jika ingin melakukan kriminalitas. “Satpam perlu kewaspadaan yang tinggi, karena mereka mengamankan objek vital,” katanya.

Sedangkan fungsi satpam yakni, melindungi dan mengayomi lingkungan tempat kerjanya serta menegakkan peraturan dalam dan tata tertib di lingkungan kerjanya. Dia juga mengingatkan, agar tidak bermain handphone pada saat bertugas, tidak ketiduran saat piket malam, serta kenali semua karyawan yang ada. “Sehingga dapat mengontrol dan peka terhadap lingkungan kerjanya,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar