Hukum & Kriminal

Satnarkoba Polrestabes Surabaya Gerebek Peredaran Pil Koplo

Jenis pil koplo LL yang diedarkan di Jatim termasuk Kediri dan Surabaya saat diamankan Satnarkoba Polrestabes Surabaya, belum lama ini.(manik priyo prabowo).

Surabaya (beritajatim.com) – Tercatat ada empat Kota yang ‘dikosek’ Satuan Narkoba Polrestabes Surabaya untuk membongkar jaringan peredaran narkoba jenis obat keras pil dobel L ini.

Kasar Narkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Memo Ardian membenarkan penggrebekan di beberapa kota oleh timnya. Menurut catatan beritajatim.com, setidaknya ada empat kota yang berhasil dibongkar yakni Kediri, Surabaya, Bandung dan Jakarta.

“Benar kita kembangkan kasusnya ke beberapa daerah termasuk kota besar tersebut. Untuk data pengungkapan berapa pelaku dan barang bukti kita tunggu rilis saja,” katanya kepada beritajatim.com, Kamis (5/3/2020).

Lebih lanjut memo menjelaskan, dalam pengamanan di Kediri timnya berhasil menyita 2 juta lebih pil dobel L. Usai membersihkan gudang penyimpanan pil LL di Kediri, pihak satnarkoba juga mengembangkan ke Kota Bandung dan Jakarta.

Kuat dugaan pada pengungkapan ini petugas menggasak dari pengecer obat keras dengan harga Rp 20 ribu per 10 butir, penyuplai barang dengan transaksi ribuan butir ke pengecer dan penangkapan di gudang penyimpanan obat keras ini.

“Nanti detailnya kita sampaikan saat rilis,” pungkasnya.

Seperti diberitakan beritajatim.com sebelumnya, pengecer pil mendapatkan dengan jumlah dua ribu pil dengan harga Rp 1 juta per bungkus berisi 1000 pil. Kemudian pengecer menjual pil dengan harga Rp 20 ribu per 10 butir. Para pengecer sungguh keji karena menjual obat keras yang dipakai buat mabok ini ke kalangan remaja termasuk pelajar.

Para pengecer melakukan transaksi di warkop dengan kode penjualan tertentu supaya tak mudah kebongkar warga atau polisi.

“Kalau beli kita ke suatu tempat dengan bilang obat batuk atau sakit kepala. Harganya Rp 20 ribu per 10 butir. Maaf saya gak bisa memberitahu dimana tempatnya, karena takut saja,” aku DMR (23) pemakai obat pil LL di Kota Surabaya kepada beritajatim.com.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar