Hukum & Kriminal

Tidak Sesuai Standar UU Lalin

Satlantas Polres Mojokerto Kota Amankan Motor Modifikasi

Mojokerto (beritajatim.com) -Sebanyak tujuh sepeda motor modifikasi diamankan ke Mapolres Mojokerto Kota.

Sebanyak tujuh sepeda motor tersebut diamankan saat para pemiliknya berkumpul di depan sebuah hotel yang terletak di Jalan Pahlawan, Kota Mojokerto.

Karena banyaknya laporan masyarakat terkait adanya kumpulan pencinta sepeda motor modifikasi tak sesuai standar, Kanit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan PatroliĀ (Turjawali) dan Kanit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satlantas Polres Mojokerto Kota melakukan penyisiran.

“TKP di Jalan Pahlawan, mereka sedang nongkrong malam minggu kemarin. Laporan masyarakat ada komunitas sepeda motor menggunakan ban kecil dan knalpot brong,” ungkap Kanit Turjawali Satlantas Polres Mojokerto Kota, Ipda Safiq Jundhira, Senin (4/2/2019).

Masih kata Kanit, atas laporan masyarakat tersebut kemudian ditindaklanjuti. Sabtu (2/2/2019), sekira pukul 23.00 WIB, diamankan tujuh sepeda motor modifikasi. Ke tujuh sepeda motor tersebut langsung dibawa ke Mapolres Mojokerto Kota.

“Mereka memang biasanya keluar tengah malam mungkin menyiasati petugas, ada beberapa yang tidak bisa menunjukan kelengkapan kendaraan. Seperti STNK, mereka beralasan hilang. Kita minta mereka untuk mengambil sesuai standar dan menunjukkan STNK,” katanya.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Mojokerto Kota, Ipda M Jaka menambahkan, rata-rata pemilik sepeda motor modifikasi tersebut masih berstatus pelajar. “Sangat rawan kecelakaan. Secara kasat mata pelanggarannya sudah terlihat,” ujarnya.

Seperti knalpot brong, tanpa spion dan ban kecil. Ke tujuh sepeda motor tersebut diamankan karena melanggar Pasal 285 ayat 1 Jo Pasal 106 tentang Persyaratan Teknis dan Layak Jalan, Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan.

Untuk mengambil kembali sepeda motor mereka, mereka harus mengganti sesuai standar. Seperti ban. Selain itu, pemilik harus menunjuk Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Hal tersebut untuk mengantisipasi digunakan tanpa kelengkapan surat-surat.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar