Hukum & Kriminal

Harapkan Masyarakat Lebih Tertib Berlalu-lintas

Satlantas Polres Mojokerto Hadirkan Tokoh Avengers dan Undian

Mojokerto (beritajatim.com) – Harapkan masyarakat lebih tertib berlalu-lintas, Satlantas Polres Mojokerto menghadirkan tokoh Avengers saat Operasi Keselamatan 2019 di depan Mapolres Mojokerto. Tak hanya itu, bagi pengendara yang tertib berkesempatan mendapatkan doorprize.

Operasi Keselamatan 2019 yang digelar di depan Mapolres Mojokerto Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto tersebut dengan sasaran pengendara roda dua. Satu per satu pengendara yang melintas dari arah Kota Mojokerto ke Mojosari diberhentikan petugas.

Petugas menghadirkan tokoh Avengers saat Operasi Keselamatan 2019 kali ini. Ada tiga tokoh Avenger yang dihadirkan seperti Iron Man, Captain America dan Thor. Bagi pengendara kendaraan roda dua yang tertib baik surat-surat maupun kelengkapan kendaraan, berkesempatan mengambil kupon berhadiah.

Sejumlah doorprize disiapkan petugas seperti helm, paket mie instan dan air minum mineral kemasan botol bagi mereka yang belum beruntung. Sementara bagi mereka yang tidak tertib berlalu-lintas, seperti tidak membawa surat-surat berkendara.

Diantaranya Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) maupun kelengkapan berkendara seperti helm, tidak diberikan surat tilang. Namun petugas hanya memberikan teguran. Sejak digelar Operasi Keselamatan 2019, petugas sudah memberikan teguran kepada 100 pengendara roda dua.

Kasat Lantas Polres Mojokerto, AKP Bobby Muhammad Zulfikar mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menjelang bulan Ramadan. “Sengaja dibuat seperti ini (menghadirkan tokoh Avenger, red), untuk mencari atau menghimpun simpati dari masyarakat agar masyarakat lebih tertib berlalu-lintas,” ungkapnya.

Mengapa Satlantas Polres Mojokerto menghadirkan tiga tokoh Avenger? Kasat menjelaskan, karena saat ini momentnya masyarakat demam film Avenger endgame. Sehingga Satlantas menghadirkan superhero dari Avenger dengan tujuan memicu minat masyarakat agar lebih tertib berlalu-lintas.

“Ada undian bagi yang tertib berlalu-lintas, jika tidak tertib. Seperti tidak ada surat, tidak menggunakan helm, tidak ada tilang namun diberikan teguran saja sesuai amanat Kapolri karena operasi ini hanya melakukan simpati atau Operasi Keselamatan 2019,” katanya.

Sehingga tegas Kasat, dalam Operasi Keselamatan 2019 yang digelar mulai tanggal 29 April hingga 12 Mei 2019 tersebut tidak ada tilang sama sekali. Menurutnya, petugas sudah memberikan 100 teguran kepada pengendara di wilayah hukum Polres Mojokerto yang tidak tertib berlalu-lintas.

“Sudah ada sebanyak 100 teguran, memang target kita setiap hari 100 teguran. Untuk lokasi operasi berubah-ubah, Kamis besok kita bekerja sama dengan mahasiswa dengan membagikan coklat dan bunga untuk mengambil simpati masyarakat agar tertib berlalu-lintas,” tegasnya. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar