Hukum & Kriminal

Satlantas Polres Kediri Beri Dispensasi Perpanjangan SIM Bagi ODP/PDP Covid-19

Kediri (beritajatim.com) – Meski di masa pandemi Covid-19 seperti ini, pelayanan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di lingkungan Polres Kediri tetap berjalan. Akan tetapi ada yang berbeda, karena adanya

Sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Kediri, Satuan Penerbit Administrasi SIM Satlantas Polres Kediri memberikan dispensasi perpanjangan SIM. Pelayanan khusus tersebut ditujukan kepada Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan suspect Covid-19 yang sedang menjalani masa karantina.

Mereka dapat melakukan proses perpanjangan SIM setelah dinyatakan sehat dengan membawa surat keterangan dari dokter atau rumah sakit.

Kasat Lantas Polres Kediri AKP Hendrix K Wardhana mengatakan, masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis pada 17 Maret hingga  29 Juni 2020 diberikan dispensasi.

“Masyarakat boleh melakukan perpanjangan SIM, setelah dinyatakan sembuh dengan membawa surat keterangan dari dokter,” kata AKP HendriX.

Meskipun mendapat dispensasi, pengendara motor harus mengetahui syarat dispensasi perpanjangan SIM dari Polri, yakni,  hanya untuk perpanjangan SIM, bukan untuk permohonan baru.

Kasat Lantas menambahkan, dengan adanya dispensasi tersebut, para ODP/ PDP dan suspect Covid-19 tidak perlu membuat SIM baru walau masa berlakunya habis saat sedang menjalani karantina.

Seperti diketahui, jika seseorang terlambat melakukan perpanjangan SIM, maka izin mengemudi itu tidak bisa diperpanjang. Artinya, pemohon harus membuat SIM baru. Kebijakan tersebut tercantum dalam pasal 11 Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012. [nm/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar