Hukum & Kriminal

Satlantas Gresik Mulai Berlakukan Penggunaan Smart SIM

Gresik (beritajatim.com) – Dua hari setelah diluncurkan oleh Korlantas Mabes Polri. Satlantas Polres Gresik mulai memberlakukan penggunaan SIM pintar, atau lebih dikenal dengan nama smart SIM.

Untuk sementara waktu, penerbitan smart SIM hanya bisa dilakukan di Satpas Satlantas Polres Gresik. Sedangkan pembuatan di SIM keliling belum bisa dilakukan. Syarat pengajuannya pun mudah sama halnya dengan pengajuan SIM konvensional.

Kanit Regident Satlantas Polres Gresik, Iptu Bachtiar mengatakan, pemberlakuan smart SIM yang baru sudah mulai dicetak hari ini. Termasuk bagi yang masyarakat yang mengajukan SIM baru.

“Material kartu smart SIM yang baru berbeda dengan SIM yang lama berwarna biru. Secara fisik SIM yang baru di bagian belakang ada hologram-nya tiga dimensi. SIM ini juga bisa dipakai buat pembayaran e-Tol serta berbelanja di waralaba dengan saldo maksimal Rp 2 juta,” katanya kepada wartawan, Rabu (25/09/2019).

Fungsi smart SIM baru ini lanjut Bachtiar, selain merekam identitas diri, smart SIM juga mampu merekam tilang, serta data kecelakaan di seluruh Indonesia. Sehingga, data yang terekam memudahkan petugas, dan dianggap valid.

‘Di smart SIM itu juga ada data record pelanggaran pengendara dan kecelakaan. Ada 12 poin yang terdata di SIM tersebut, kalau melanggar point-nya dikurangi. Jika sampai batas maksimal tetap melanggar sanksinya SIM bisa dicabut. Hal itu sebagai kontrol serta mengurangi, dan menekan angka kecelakaan,” ungkapnya.

Bachtiar menambahkan, material smart SIM di Satpas Satlantas sudah ada. Malahan, 13 ribu pemohon yang mengajukan SIM, dan baru diberi surat keterangan (Suket), secara bertahap bakal diganti smart SIM yang baru.

Sementara itu, salah satu pemohon Nuruliyah Farahdilah mahasiswi asal Desa Boteng, Kecamatan Menganti, Gresik, mengaku baru tahu ada SIM baru yang sudah diberlakukan. “Saya sudah melakukan tes sebanyak lima kali, alhamdulillah dinyatakan lulus hari ini dan mendapat smart SIM,” pungkasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar