Hukum & Kriminal

Salahi Aturan, Kereta Kelinci Kena Razia

Ponorogo (beritajatim.com) – Demi menegakkan peraturan dan keselamatan lalu lintas, Satlantas Polres Ponorogo gencar merazia kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi. Salah satunya yakni menertibkan kereta kelinci yang beroperasi di jalanan Ponorogo.

“Dari hari Minggu kemarin, kami sudah mengamankan 3 kereta kelinci,” kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Ponorogo Iptu Agus Syaiful Bahri, Selasa (17/12/2019).

Ketiga kereta kelinci tersebut diamankan disekitaran kecamatan Siman dan Kota. Polisi masih akan terus menggelar razia. Dia mengungkapkan pihaknya memperbolehkan berwisata namun juga harus menomorsatukan keselamatan. Pasalnya banyak terjadi lakalantas yang melibatkan kereta kelinci. “Penumpangnya kebanyakan anak-anak, sangat disayangkan kendaraan yang menyalahi aturan ini dibiarkan,” katanya.

Kendaraan tersebut merupakan modifikasi, dan itu tidak diperkenankan karena melanggar UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Ke depan Syaiful mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus menggelar razia terhadap kereta kelinci itu. Pihak kepolisian juga akan melibatkan instansi seperti Satpol PP, Dishub dan TNI. Saat ini kereta kelinci diamankan di halaman Kantor Bersama Samsat. Pihaknya berkordinasi dengan kejaksaan untuk proses hukumnya. “Kami tindak jika memang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku,” pungkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar