Hukum & Kriminal

Sah.. Jenis Kelamin Putri Natasya kini Jadi Pria

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah 19 tahun menyandang status sebagai wanita, akhirnya Putri Natasya resmi berubah status menjadi pria. Hal itu setelah hakim PN Surabaya R Anton Widyopriono mengabulkan permohonan ganti jenis kelamin yang ajukan Putri melalui kuasa hukumnya Martin Suryana, Rabu (19/2/2020).

Dalam pertimbangan putusan hakim disebutkan bahwa dari fakta dan bukti selama persidangan yakni keterangan saksi dan juga bukti rekam medis bahwa Putri Natasya adalah seorang laki-laki yang memiliki kelainan kelamin sehingga dianggap perempuan oleh orang tua kandungnya. Dengan demikian Putri Natasya resmi berganti nama menjadi Ahmad Putra Adinata.

“Satu mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya, 2 menetapkan pemohon berubah statsu jenis kelamin dari perempuan jadi laki laki dan mengubah nama dari Putri Natasya jadi nama Putra Ahmad Adinata. Memerintahkan kepada pemohon untuk melaporkan ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil Blora dan Surabaya untuk mencatat perubahan kelamin dan nama pemohon,” ujar hakim Anton dalam amar putusanya.

Atas penetapan hakim ini, Putri Natasya yang kini berganti nama menjadi Ahmad Putra Adinata mengaku senang. Begitupun dengan orang tuanya yang mengaku lega anaknya sekarang sudah disahkan sebagai pria, karena ini menyangkut masa depan dia kelak.

“Seneng sekali, hari ini langsung pulang, yang penting anak saya adalah laki-laki, alhamdulillah, nggak tau aku, taunya di puskesmas itu,” ujar Sulistyowati ibu kandung pemohon.

Perlu diketahui, gadis asal Blora Jawa Tengah yang sejak kecil memiliki kelamin ganda. Permohonan persidangan ini tergolong unik karena Putri sejak kecil memiliki kelamin ganda yang diperkuat dengan keterangan medis dan seiring perkembangan waktu, dan Putri merasa lebih nyaman menjadi laki-laki.

Menurut catatan medis, kromosom laki-lakinya lebih dominan dan hormon perempuannya telah dimatikan. [uci/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar