Hukum & Kriminal

Rutan Ponorogo Gagalkan Penyelundupan Narkotika yang Disimpan di Botol Diodoran

Ponorogo (beritajatim.com) – Rumah tahanan (Rutan) kelas 2B Ponorogo kembali menggagalkan penyelundupan narkotika ke dalam rutan. Petugas berhasil membongkar penyelundupan itu, usai memeriksa isi dari deodoran yang akan diberikan untuk warga binaan.

“Barang haram itu disamarkan melalui deodoran,” kata Kepala Rutan Kelas 2B Ponorogo Arya Galung, Senin (28/12/2020).

Penggagalan penyelundupan narkotika itu, terjadi saat ada dua orang pengunjung berinisial ASR dan BDR. Mereka hendak menitipkan barang sekitar pukul 09.45 WIB. Barang-barang tersebut merupakan keperluan sehari-hari, seperti sabun itu ditujukan untuk salah seorang warga binaan berinisial EK. Sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Para penitip barang tersebut harus masuk dan menunggu sampai pemeriksaan selesai dilakukan.

“Saat petugas kami memeriksa, salah seorang pengunjung tersebut terlihat sangat gelisah,” ungkapnya.

Dua petugas rutan, Surya Hermawan dan Safira pun melakukan penggeledahan. Petugas semakin curiga karena saat memegang botol deodoran, BDR nampak semakin gelisah. Petugas pun menggeledah deodoral berbentuk roll on itu.

“Dari kecurigaan tersebut akhirnya ditemukan satu bungkus plastik kecil yang di duga sebagai narkotika,” tutur Arya.

Pihak rutan lalu berkoordinasi dengan pihak Polres Ponorogo. Dan menyerahkan para pengirim barang tersebut beserta barang bukti kepada kepolisian untuk diproses lebih lanjut. Untuk berat barang haram tersebut, Arya mengaku belum sempat menimbang.  “Seluruh barang bukti sudah kami serahkan ke polisi,” katanya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono mengapresiasi integritas yang ditunjukkan jajarannya. Menurutnya, komitmen pihaknya terhadap pemberantasan peredaran gelap narkotika tidak perlu diragukan. Pihaknya siap berkolaborasi dengan aparat penegak hukum jika diperlukan.

“Kami tidak akan memberikan toleransi kepada siapapun yang terbukti terlibat dalam peredaran gelap narkotika,” tutupnya. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar