Hukum & Kriminal

Robot Penjinak Bom Dipamerkan di HUT Bhayangkara ke-73

Surabaya (beritajatim.com) – Polda Jawa Timur menggelar perayaan pertama kali, HUT Bhayangkara ke 73 di Lapangan Kodam V Brawijaya. Salah satu andalan Sat Brimob Polda Jawa Timur turut dipamerkan, yakni robot penjinak bom. Alat canggih itu bisa dilihat di stand milik Sat Brimob.

Robot yang diberi nama ICOR MK3 ini sukses menarik perhatian para pengunjung pameran. Terlihat dari pengunjung sangat antusias berfoto bersama robot tersebut dengan dibekali senjata api layaknya game PUBG.

Sat Brimob Polda Jawa Timur tidak hanya memamerkan robot andalan ICOR MK3 saja. Mereka juga mempersembahkan 3 jenis pameran, yaitu wanteror, jibom, dan KBR (Kimia, Biologi, Radioaktif).

Arwani Muhith, salah satu anggota Sat Brimob Polda Jawa Timur, menjelaskan bahwa robot yang dioperasikan dengan remote action ini dioperasikan pada saat kegiatan penjinakan bom. “Mulai dari penembakan sampai pengambilan, itu robot yang melaksanakan”. Robot bisa dikendalikan oleh operator 1. “kita bisa tembak jarak jauh dari monitor itu,” kata Muhith sambil menunjuk monitor.

Jarak yang diperlukan untuk mengoperasikan tergantung frequensi dilokasi penanganan.”Semakin banyak orang yang melihat, semakin menggangu frekuensi kita,” ujar Muhith.

Pengunjung yang sedang melihat tidak boleh terlalu dekat saat robot beroperasi.”Makanya jarak aman antara petugas dengan masyarakat harus jauh, minimal 100 meter,” imbuh pria berbadan tegak.

Jika terjadi masalah pada robot, petugas harus menggunakan pakaian khusus yaitu body armor sebagai pelindung badan.

Muhith memaparkan cara kerja robot tersebut, sebelum proses penembakan dilakukan, terlebih dahulu dianalisa menggunakan X-Ray. “Ketika sudah pasti itu rangkaian bom, langsung kita tembak,” ujar aggota Sat Brimob tersebut.

Robot itu sudah sering digunakan mulai dari peraga hingga operasional langsung. Hanya saja, pada saat operasional langsung, robot masih digunakan untuk pengintaian, karena sudah menjadi Standar Operasional Prosedur (SOP), melihat kemungkinan yang terjadi.

Robot ICOR MK3 adalah alat penjinak bom yang mengikuti perkembangan zaman. Semenjak abad 11 Masehi sudah ada alat atau benda untuk menghancurkan bom, namun sesuai dengan perkembangan zaman, munculah Robot ICOR MK3 ini. [sai/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar