Hukum & Kriminal

Resmi, Polres Banyuwangi Naik Status Jadi Polresta

Banyuwangi (beritajatim.com) – Polres Banyuwangi secara resmi dikukuhkan menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi. Pengukuhan itu dilakukan langsung oleh Kapolda Jatim Irjenpol Luki Hermawan, Senin (25/11/2019).

“Ada 14 polres se-Indonesia yang mengalami peningkatan tipe menjadi polresta. Dua di antaranya di Jawa Timur, yakni Banyuwangi dan Malang,” kata Luki Hermawan.

Selain berubah tipe, Polresta Banyuwangi juga berganti pucuk pimpinan. Sebelumnya, Kapolres Banyuwangi dijabat oleh AKBP Taufik Herdiansyah Zeindardi beralih ke AKBP Arman Asmara Syarifudin.

“Secara otomatis terjadi pergantian eselon di pucuk pimpinan Polresta Banyuwangi. Dari AKBP menjadi kombes. Untuk itu, ditunjuk AKBP Arman Asmara (per Januari 2020 akan naik pangkat menjadi kombes) sebagai Kapolresta Banyuwangi,” jelasnya.

Perubahan ini, kata kapolda, butuh perjuangan keras. Menurutnya ada sejumlah prosedur dan penilaian yang harus dilalui sebelum naik tipe menjadi polresta.

“Peristiwa bersejarah bagi Polri khususnya Polda Jatim. Ini merupakan perjuangan berat untuk menjadi polresta. Ada prosedur dan penilaian, mulai astagrata, kinerja, maupun hubungan dengan muspida yang tergabung dalam Forkopimda,” ungkapnya.

Peningkatan tipe ini, kata Kapolda, juga tak lepas dari peran Pemkab Banyuwangi yang sudah membangun komunikasi baik dengan jajaran Forkopimda.

“Banyuwangi di bawah Bupati Anas penuh dengan prestasi dan inovasi, sehingga Polres juga kecipratan penghargaan. Selama 2 tahun berturut-turut memperoleh penghargaan Pelayanan Prima dari KemenPAN-RB,” ungkapnya.

Kapolda Luki juga memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian AKBP Taufik HZ sehingga mampu mengantarkan Polres Banyuwangi naik tipe menjadi polresta. Sementara itu, untuk Kapolresta Banyuwangi, AKBP Arman Asmara Syarifuddin diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi Banyuwangi.

“Terima kasih Pak Taufik yang sudah menaikkan tipe Polresta Banyuwangi. Dengan pergantian jabatan dan status ini, saya harap tetap terjalin silaturahmi yang baik. Untuk Kapolresta baru, saya minta agar tetap berkomunikasi dengan baik dengan Forkopimda serta mendekatkan diri kepada masyarakat,” pungkasnya.

Di Jawa Timur, ada dua polres yang naik status menjadi polresta. Di antaranya Polresta Banyuwangi dan Malang Kota. Peningkatan status keduanya dilakukan secara bersamaan di Mapolresta Banyuwangi. [rin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar