Hukum & Kriminal

Residivis Curi Uang Rp 25 Juta, Ludes di Meja Judi

Pelaku saat menjalani pemeriksaan di Mapolsek Sawahan, Surabaya, belum lama ini.[Foto/Istimewa]

Surabaya (beritajatim.com) – Decky Kusmurdianto (44) tak kapok meski sudah tiga kali keluar masuk penjara. Warga Dukuh Kupang gang lebar Surabaya ini kembali membobol rumah dan berhasil menggondol barang senilai Rp 45 juta. Rumah yang dibobol adalah milik Nur Holis warga Pamekasan, di Jalan Kembang kuning kulon Surabaya. Itu dilakukan pada akhir Janurai 2021.

Kanit Reskrim Polsek Sawahan Iptu Ristitanto menjelaskan, selain menggondol uang Rp 25 juta, pelaku juga berhasil membawa perhiasan kalung, gelang, cincin emas. Secara total kerugian materi yanh diambil pelaku mencapai sekitar Rp 45 juta.

“Pelaku ini tergolong nekat karena membobol rumah saat petang hari. Dia kemudian masuk dengan merusak pintu rumah. Lalu, menguras barang berharga dan uang tunai Rp 25 juta. Tidak ada saksi yang mengetahui. Hanya kamera pengawas yang merekam aksi pelaku,” jelasnya kepada beritajatim.com, Selasa (9/2/2021).

Lebih lanjut Iptu Risti menjelaskan, rumah korban saat itu kosong. Korban bersama keluarga pergi ke rumah saudaranya. Keluarga korban yang pulang silahturahmi ini pun kaget lantaran melihat pintu utama rusak. Ada bekas congkelan.

Selanjutnya korban melakukan pengecekan ke dalam rumah. Dari situlah korban melihat rumahnya sudah berantakan. Termasuk almari pakaian yang dipakai buat menyimpan uang serta perhiasan. Kemudian korban memeriksa kamera pengawas dan melaporkan kejadian ini ke Polsek Sawahan.

“Usai dapat laporan petugas melakukan identifikasi dan mencari bukti atau jejak yang ditinggalkan. Sampai akhirnya diketahui ciri pelaku dan ditangkap. Uang Rp 25 juta hasil kejahatan digunakan untuk berjudi,” papar Risti.

Usai mengindentifikasi, petugas mencoba mencari tahu keberadaan pelaku. Bahkan diketahui bahwa pelaku ini adalah sosok residivis yang keluar masuk penjara sebanyak 3 kali. Sampai akhirnya pelaku berhasil diamankan petugas di kawasan Pandegiling. [man/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar