Hukum & Kriminal

Rencana Renovasi Masjid Baiturrahman Ponorogo Tuai Reaksi dari Masyarakat

Masjid Baiturrahman di Dusun Setono Desa Tegalsari Kecamatan Jetis.(foto : Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Belakangan ini masyarakat Ponorogo ramai memperbincangkan tentang rencana renovasi Masjid Baiturrahman. Pasalnya, pengurus akan merombak total salah satu masjid tertua di bumi reyog itu. Itu terlihat dari banner yang terpasang. Banner yang isinya minta doa dan dukungan renovasi itu, memperlihatkan bangunan masjid yang sekarang. Dan disebelahnya ada gambar bangunan masjid yang lebih modern.

Dengan adanya dua gambar masjid yang berbeda itu, masyarakat menduga akan diadakan renovasi total dalam Masjid Baiturrahman tersebut. Renovasi dengan merombak total inilah yang disayangkan masyarakat banyak. Pasalnya mesjid yang berada di Dusun Setono Desa Tegalsari Kecamatan Jetis itu, kental akan sejarah Islam yang ada di Ponorogo.

“Kami sudah terjunkan tim untuk klarifikasi tentang renovasi Masjid Baiturrahman kepada pengurus masjid tersebut,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Agus Sugiarto, Selasa (10/3/2020).

Hasil dari klarifikasi, kata Agus pihak pengurus tidak merenovasi total bangunan masjid. Mesjid yang berdiri sekitar tahun 1600 hanya akan dinaikan dindingnya. Jadi tidak akan merenovasi total seperti yang banyak disangkakan masyarakat.

“Hanya meninggikan dindingnya. Dinas dan tokoh masyarakat juga sudah memberi masukan terhadap pengurusnya. Dengan catatan tidak merubah struktur dan bentuk secara keseluruhan,” katanya.

Sementara itu hal senada juga diutarakan oleh Sudrajat, Imam Masjid Baiturrahman. Dia menyebut bahwa pengurus masjid tidak berencana merenovasi total bangunan masjid.

Namun, hanya memugar untuk meninggikan dindingnya saja. Dengan meninggikan dinding itu, diharapakan sirkulasi udaranya menjadi sehat. Rencana renovasi ini, diakui Sudrajat mendapatkan berbagai reaksi di masyarakat. “Jadi hanya meninggikan dindingnya, tidak merombak total masjid,” pungkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar