Hukum & Kriminal

Reaktif Corona, 17 Tahanan Polres Jombang Tempati Sel Khusus

Jombang (beritajatim.com) – Polres Jombang menggelar rapid test untuk para tahanan. Hasilnya, Sebanyak 17 tahanan dinyatakan reaktif. Selanjutnya, para tahanan tersebut ditempatkan di sel khusus, Rabu (5/8/2020).

“Kebanyakan dari mereka adalah tahanan baru. Sebelum masuk sel, kita lakukan rapid test. Hasilnya ada 17 tahanan yang reaktif,” ujar Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho.

Kapolres menjelaskan, saat ini ada sekitar 50 orang tahanan yang berada di Polres Jombang. Dari jumlah itu, sebanyak 17 tahanan yang reaktif ditempatkan di sel khusus hingga 14 hari ke depan. Setelah itu akan dilakukan rapid test kedua. Jika rapid kedua hasilnya tetap reaktif, maka ditindaklanjuti test swab.

“Rapid test merupakan prosedur yang harus dilalui setiap ada tahanan baru. Ada dua sel khusus yang telah disiapkan bagi mereka. Satu ruangan akan ditempati oleh tahanan yang hasil tesnya non reaktif dan satu sel lagi bagi yang reaktif,” tambahnya.

Kapolres melanjutkan, apabila ada tahanan yang positif setelah menjalani tes swab, maka mereka akan dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya untuk penanganan lebih lanjut. Pasalnya, di Rumah Sakit Bhayangkara ada sel khusus bagi tahanan yang positif Covid-19.

Terpisah, Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran mengatakan pihaknya segera melakukan koordinasi dengan Polres Jombang terkait hal ini. Belasan tahanan tersebut juga akan dilakukan tes lanjutan untuk memastikan apakah mereka aman atau terpapar Covid-19. [suf/kun]






Apa Reaksi Anda?

Komentar