Hukum & Kriminal

Razia, Polisi Tuban Berikan Hadiah pada Ibu-ibu

Tuban (beritajatim.com) – Puluhan petugas kepolisian dari jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Tuban bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban, TNI dan juga Dispenda Jatim, menggelar kegiatan razia gabungan dalam rangka Operasi Zebra Semeru 2019, Jumat (1/11/2019).

Razia berlangsung di simpang tiga Sleko, Kota Tuban. Petugas berhasil melakukan penindakan terhadap puluhan pengendara yang melanggar lalu lintas. Tak hanya menindak para pelanggar, Sat Lantas Polres Tuban itu juga memberikan hadiah kepada ibu-ibu yang memboncengkan anaknya dan tertib lalu lintas.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, razia kendaraan itu dilakukan oleh puluhan petugas gabungan itu dengan memeriksa semua kendaraan yang melintas di jalan Pahlawan dan jalan M Yamin, Kota Tuban. Petugas memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan dan juga SIM dari para pengendara.

“Kegiatan razia kali ini gabungan dari Sat Lantas Polres Tuban, bersama Dishub, Sub Denpom, dan juga petugas Dispenda. Ini dalam rangka operasi Zebra Semeru 2019,” terang AKP Ricky Tri Dharma, Kasat Lantas Polres Tuban.

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan razia kendaraan kali, Kasat Lantas Polres Tuban itu memberikan apresiasi khusus kepada para ibu-ibu yang memboncengkan anaknya. Yakni emak-emak yang ditemukan tidak memiliki pelanggan berlalu lintas itu kemudian mendapatkan hadiah langsung berupa uang Rp 100 ribu.

“Pada razia kali ini, kita berikan hadiah khusus kepada ibu-ibu yang membawa anak dan diketahui lengkap, mulai dari punya SIM, surat-surat lengkap, motor standar, dan anaknya juga dipakaikan helm. Ada lebih dari 10 ibu-ibu yang kita berikan hadiah tadi,” tambah Kasat Lantas Polres Tuban yang memimpin kegiatan razia itu.

Dalam kegiatan razia kendaraan secara gabungan kali ini, petugas melakukan penindakan sebanyak 172 pengendara baik mobil maupun sepeda motor yang melanggar lalu lintas. Dari jumlah tilangan tersebut, sebanyak 11 sepeda motor yang diamankan lantaran tidak lengkap surat-suratnya dan juga motor yang tidak standar.

“Untuk kendaraan yang mati pajaknya kita juga sediakan Samsat Keliling. Jadi yang mati pajaknya bisa langsung bayar di sini,” pungkasnya.

Sementara itu, sejumlah ibu-ibu yang ditemukan tertib dalam berkendara dan mendapatkan kejutan hadiah itu merasa kaget lantaran tidak menyangka jika mendapatkan hadiah uang itu. Kasat Lantas itu menghimbau kepada para ibu-ibu dan juga anak-anaknya untuk selalu tertib saat berkendara.

“Tadi ya kaget mas, saya sudah lengkap kok masih diberhentikan, ternyata kok dapat hadiah ini karena lengkap. Alhamdulillah senang dapat hadiah,” ungkap Yayuk Hariani, salah satu ibu-ibu yang mendapatkan hadiah itu. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar