Hukum & Kriminal

Razia Miras, Petugas Gabungan Amankan Ratusan Liter Arak Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Puluhan petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tuban bersama dengan Polres Tuban dan juga TNI melakukan kegiatan razia dengan sasaran peredaran Minunan Keras (Miras) yang ada di Wilayah Kabupaten Tuban.

Dari hasil razia tersebut, petugas gabungan menemukan adanya warung yang menjadi distributor peredaran Miras jenis Arak yang ada di wilayah Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Petugas mendapatkan puluhan dus yang berisikan ratusan liter minuman keras (Miras) jenis Arak yang dikemas dalam botol dan siap diedarkan.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, pengrebekan lokasi yang menjadi distributor Miras jenis Arak milik Suparti (67), warga Desa Rayung, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban itu berawal dari informasi yang diterima petugas. Pasalnya, sebelumnya terdapat tiga lokasi warung yang telah di razia dan juga mendapatkan Arak.

Tiga warung berjualan Arak yang pertama terjaring razia itu berada di Desa Talangkembar, Kecamatan Montong, Desa Sari Ngembat, Kecamatan Singgahan dan Desa Sembung, Kecamatan Parengan, Tuban. Dari keterangan pemilik warung itu mereka mendapatkan Arak dari distributor itu.

“Distributor di Rayung ini kemudian menyetor miras ke warung-warung di sekitarnya. Arak yang ada di rumah itu informasinya disuplai dari Semanding,” terang Joko Herlambang, Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Tuban, Jumat (28/2/2020).

Ketika melakukan pemeriksaan di rumah milik Suparti itu petugas sempat dipersulit untuk memeriksa isi gudang tempat penyimpanan Arak dengan berbagai alasan. Setelah itu anggot meminta ijin pemilik rumah yang juga membuka toko untuk masuk melakukan pemeriksaan.

“Pintu belakang menuju gudang sengaja di kunci untuk mengelabuhi petugas. Karena mencurigakan akhirnya kita lakukan pemeriksaan,” tambahnya.

Saat petugas berhasil masuk di dalam gudang itu ditemukan sebanyak 11 kardus miras jenis Arak botol tutup biru dan masing-masing dus berisikan 12 botol berukuran 1,5 liter. Tak hanya di toko kelontong milik perempuan tua itu juga ditemukan minuman jenis Beras Kencur dengan kadar Alkohol 14 persen sebanyak 23 botol dan setengah.

“Setelah didata diminta keterangan, barang bukti langsung kita amankan untuk dibawa ke kantor termasuk yang dari tiga warung. Serangkan pemiliknya juga akan dipanggil ke kantor Satpol PP pekan depan,” pungkasnya.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar