Hukum & Kriminal

Razia Brassery Eatry Bar & Lounge, Polisi Jaring Puluhan Orang

Warga dan pengelola pelanggaran protokol kesehatan diamankan di Mapolrestabes Surabaya, Minggu (20/9/2020).(Istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak Rumah Hiburan Umum (RHU) yang beroperasi melewati batas jam malam. Padahal sesuai aturan RHU hanya boleh beroperasi hingga pukul 22.00 WIB dan harus menerapkan protokol kesehatan. Seperti saat RHU Brassery Eatry Bar & Lounge menjadi sasaran petugas tiga pilar dari TNI, Polri dan Pemkot Surabaya, Minggu, (20/9/2020) sekitar 01.00 WIB.

Dalam operasi tersebut, petugas memperoleh 82 orang yang melanggar peotokol kesehatan. Tak hanya pengunjung, para pegawai dan menejemen bar juga dibawa ke Mapolrestabes Surabaya.

“Seluruh pengunjung berjumlah 82 orang berikut dan pihak karyawan atau manajemen tempat hiburan ada 27 orang. Mereka semua diamankan ke Polrestabes Surabaya, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 109 orang. petugas kemudian melakukan interogasi terhadap semua pihak tersebut,” jelas AKBP Sudamiran, Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya melalui siaran persnya.

Usai melakukan wawancara dan melakukan tes rapid, petugas membebaskan bersyarat kepara pengunjung. Dalam pelaksanaan Rapid Antigen atau Swab Test terhadap pihak karyawan dan pengunjung, hasilnya semua negatif.

Tak berhenti di situ saja petugas juga melakuka tes urine terhadap pihak karyawan dan pengunjung. Hasilnya 2 (dua) orang positif penyalahgunaan narkoba.

“Kemudian kami melakukan proses penyelidikan dan penyidikan terhadap manajemen CafĂ© Brassery yang diduga melakukan perbuatan sebagaimana Pasal 14 Ayat (1) UU No. 4 Tahun 1984 ttg Wabah Penyakit Menular. kita koordinasi dengan Pemkot Surabaya terhadap adanya dugaan pelanggaran Perwali Kota Surabaya No. 33 Tahun 2020,” papar Sudamiran.

Sementara untuk dua orang yang positif narkoba dilakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui darimana pelaku memperoleh obat haram tersebut. “Tunggu perkembangannya nanti kita kabari,” pungkas perwira melati dua ini. [man/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar