Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Ratusan Pil Koplo di Pulau Kangean Sumenep Diduga Dipasok dari Situbondo

Barang bukti peredaran pil koplo di Pulau Kangean (foto : humas Polres Sumenep)

Sumenep (beritajatim.com) – Aparat Polsek Kangean, Sumenep terus mengembangkan asal-usul peredaran pil logo ‘Y’ di wilayah setempat, pasca ditemukannya 290 pil koplo itu di rumah AK (25), warga Desa Sambakati, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean.

“Kami tengah mengembangkan penyelidikan, darimana tersangka AK mendapat pil logo ‘Y’ itu,” kata Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Selasa (27/09/2022).

Dari hasil pemeriksaan, tersangka AK mengaku mendapat pasokan pil logo ‘Y’ itu dari temannya yg berinisial AS, juga warga Desa Sambakati. AS saat ini tengah mondok di salah satu pondok pesantren di Situbondo.


“AK mengaku membeli pil logo ‘Y’ itu dari AS seharga Rp 1.000.000 untuk 500 butir. Pil itu ia edarkan di wilayah Pulau Kangean,” ungkap Widiarti.

Penangkapan terhadap tersangka AK berawal saat aparat Polsek Kangean melakukan pengamanan dalam pagelaran orkes dangdut di wilayah setempat. Dalam acara dangdutan itu, salah satu penonton berinisial FR diduga tengah nge-fly.

“Ketika diinterogasi, FR mengaku telah mengkonsumsi pil logo ‘Y’ sebelum nonton dangdutan. Pil koplo itu dia beli dari AK,” terang Widiarti.

Tersangka AK, pengedar pil logo ‘Y’ di Pulau Kangean (foto : Humas Polres Sumenep)

Polisi pun bergerak cepat untuk meringkus AK. Pemuda pengangguran ini ditangkap ketika berada di sebuah warung. Saat diinterogasi, AK mengakui bahwa telah menjual pil logo ‘Y’ kepada FR.

“AK kemudian dibawa ke rumahnya dan dilakukan penggeledahan. Saat penggeledahan itulah, di rumah AK ditemukan 290 pil logo ‘Y’ yang disimpan di sebuah dos HP merk vivo. Selain itu, juga ditemukan uang tunai Rp 770.000 diduga hasil penjualan pil logo Y,” ujar Widiarti.

Tersangka AK dijerat pasal 197 dan/atau pasal 196 UU RI nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan sebagaimana diubah dalam Pasal 60 angka 10 UU RI Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. (tem/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar