Hukum & Kriminal

Ratusan Penumpang Kapal Asal Pulau Bawean Dicek Pakai Thermo Gun

Gresik (beritajatim.com) – Ratusan penumpang kapal cepat Ekspress Bahari asal Pulau Bawean, tujuan Gresik, satu persatu dicek oleh tim kesehatan dengan menggunakan alat pengatur suhu badan, atau thermo gun di Pelabuhan Gresik, Rabu (18/03/2020).

Selain dicek menggunakan thermo gun, Para penumpang juga disemprot dengan cairan disinfektan sebelum meninggalkan pelabuhan. Saat penyemprotan langsung diawasi oleh Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, Dandim 0817 Letkol Inf Budi Handoko, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, drg Syaifuddin Ghozali serta Ketua DPRD H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani). Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan satupun penumpang yang suhu badannya tinggi, semua kondisinya normal.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengatakan, pihaknya bersama forkopimda mengadakan posko terpadu untuk memberikan fasilitas kesehatan kepada masyarakat yang datang dari Pulau Bawean. “Keberadaan posko tersebut untuk mencegah terjadinya penularan virus corona. Selain di Pelabuhan Gresik, posko akan didirikan di sejumlah tempat keramaian. Seperti terminal dan beberapa lokasi lainnya,” katanya.

Masih menurut Kusworo Wibowo, pemeriksaan ini akan berlangsung selama 14 hari kedepan. Sampai pemerintah mengeluarkan kebijakan. “Sejauh ini hasil pemeriksaan tim medis tidak ada temuan. Tadi ada warga yang memang sakit dan langsung ditangani dokter dari Dinkes Gresik,” paparnya.

Ia menambahkan, untuk mencegah penularan virus corona. Dirinya, menghimbau masyarakat menjauhi tempat keramaian sementara waktu. Pasalnya, virus corona penyebarannya cukup cepat. “Agar terhindar dari penularan virus corona tetap menjaga pola hidup sehat dan mencuci tangan pakai sabun usai menjalankan aktivitas,” imbuhnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar