Hukum & Kriminal

Stok Darah Menipis

Ratusan Anggota Polres Gresik Ikuti Donor Darah

Gresik (beritajatim.com) – Ratusan anggota Polres Gresik mengikuti donor darah massal yang digelar di aula setempat, Rabu (18/3/2020). Hal itu dilakukan mengingat menipisnya stok darah yang dimiliki unit transfusi darah (UTD) PMI Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo menuturkan, terkait dengan kegiatan donor darah ini, dirinya telah menerima laporan bahwa stok darah PMI menipis. Untuk itu, dia memerintahkan ratusan anggotanya untuk melakukan donor darah di aula Polres Gresik.

“Kami sebelumnya mendapatkan informasi jika stok darah di PMI menipis. Jadi kami terpanggil untuk mendonorkan darah dengan mekanisme steril dan bersih karena dampingi dari PMI Gresik,” tuturnya.

Sementara itu, dr Jufrita Endriana, Kepala UTD PMI Kabupaten Gresik mengatakan, menurunnya jumlah pendonor itu akibat mewabahnya virus corona (Covid-19). Sehingga, ada pembatasan kegiatan yang berkaitan dengan kerumunan warga.

“Biasanya sebelum mewabahnya virus Corona atau Covid-19 tiap harinya kami menerima 200 kantong darah. Tapi sekarang hanya ada 100 kantong,” katanya.

Ia bersyukur setelah melakukan transfusi darah di Polres Gresik telah terkumpul 125 kantong. “Untuk stok darah yang dikatakan aman itu sebanyak 400 kantong. Pasalnya, jumlah tersebut dapat digunakan selama lima hari,” imbuhnya. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar