Hukum & Kriminal

Rampas HP Wanita di Jalan Dekat Balai Kota Surabaya, 2 Jambret Ditangkap Polisi

Pelaku saat foto bersama dengan petugas usai diamankan unit Jatanras, Satreskrim Polrestabes Surabaya, Minggu (9/8/2020). (Istimewa)

Surabaya (beritajatim.com ) – Unit jatanras kembali mengamankan dua pelaku tindak pidana perampasan di pinggir jalan di Kota Surabaya belum lama ini. Penangkapan kedua pelaku diwarnai dengan aksi perlawanan sehingga dua pelaku harus dilumpuhkan.

Kanit Jatanras, Iptu Agung Kurnia Putra menjelaskan, penangkapan ini dilakukan usai pelaku melakukan aksi di sekitar Balaikota Surabaya. Menurut data, pelaku melakukan aksi dengan mengincar korbannya terlebih dahulu. Korban yang saat itu terlihat sendirian bermain ponsel pintar di atas sepeda ponselnya langsung dirampas.

“Selanjutnya pelaku melarikan diri menggunakan sepeda motor yang diboncengkan rekannya. Selanjutnya korban melakukan laporan. Setelah laporan dan data kita kumpulkan pelaku kita identivikasi dan kita amankan,” jelasnya kepada beritajatim.com, Minggu (9/8/2020).

Lebih lanjut Iptu Agung menjelaskan, penangkalan pelaku juga tak mudah. Sebab pelaku justru melakukan perlawanan dan lari. Sampai akhirnya secara tegas terukur petugas melumpuhkan kedua pelaku. Kini kedua pelaku masih menjalani pemeriksaan guna memperlengkap berkas untuk pengadilan nantinya.

“Pelaku sudah diamankan dan kita periksa untuk mencari titik mana saja dan berapa kali pelaku melakukan aksinya. Sebab pelaku ini tampak profesional saat menjalankan aksi perampasan,” tandasnya.

Usai diperiksa selama sehari petugas mendapatkan informasi bahwa pelaku mengaku sudah 7 kali menjalankan aksi. Mereka bekerja dengan rapi dan mencari korban yang benar-benar tak berdaya usai dirampas barang bawaanya. Ketujuh lokasi tersebut yakni ITC, JMP, Balaikota, Gubernur Suryo, dan Gubeng. Mereka akan diacam dengan tidak pidana pencurian dengan kekerasan dan atau pemberatan. [man/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar